BAUBAU – Upaya maksimal terus dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau untuk membuka isolasi jaringan komunikasi dan layanan internet di wilayah Kelurahan Kampeonaho, Kelurahan Tampuna di Kecamatan Bungi dan Kelurahan Gonda Baru kecamatan Sorawolio.

Kadis Kominfo Kota Baubau H. Andi Hamzah Machmud melakukan audiensi ke kantor Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) di Jakarta untuk menyampaikan kebutuhan vital komunikasi warga di 3 kelurahan tersebut, pada Senin (25/3/2024).

Kunjungan Kadis Kominfo diterima Agung Pratistho selaku Asisten Deputi Koordinasi Kelembagaan dan Pelayanan Publik Kemenko Polhukam dan Kepala Bidang Komunikasi Kemenko Polhukam, Kolonel Atep. Dalam pertemuan tersebut dibahas kemungkinan memecahkan masalah blank spot area melalui Kementerian Kominfo Republik Indonesia.

Pihak Kemenko Polhukam merespon positif kebutuhan Kota Baubau untuk memberikan layanan komunikasi yang lebih baik untuk warga Kota Baubau, mengingat posisi strategis Kota Baubau di jazirah Pulau Buton sebagai wilayah utama dan pintu masuk yang harus memiliki infrastruktur komunikasi yang memadai.

“Upaya kita ini sejalan dengan kebijakan Pj Wali Kota saat Musrenbang RKPD Kota Baubau tahun 2025 yang menyatakan Baubau bisa menjadi penggerak utama konektifitas digital di Sultra Kepulauan,” ucap Kadis Kominfo Baubau, dikutip dari PPID Utama Baubau.

“Jika itu dilakukan, maka pasar transaksi akan dikuasai oleh Kota Baubau,” pungkasnya.

**