HaloSultra.com – Bagi mereka yang sedang diet sangat dianjurkan untuk memilih menu sarapan yang sehat. Pasalnya, sarapan dapat membantu mempertahankan energi, mencegah rasa lapar, dan menurunkan berat badan.

Sarapan yang teratur dapat membantu menjaga berat badan. Asal seimbang dan sehat serta lebih banyak nutrisi penting tertentu seperti vitamin, mineral, dan serat yang berperan dalam pengendalian berat badan.

Berikut 5 menu sarapan terbaik untuk menurunkan berat badan sebagaimana dilansir dari Momsmoney.id

  • Raspberry

Menu sarapan terbaik untuk menurunkan berat badan yang pertama yaitu raspberry.

Secangkir raspberry mengandung sekitar 8 gram serat. Adapun jumlah ini dua kali lipat lebih banyak dari secangkir stroberi dan setara dengan setengah cangkir kacang hitam, menurut United States Department of Agriculture (USDA).

Sebuah studi dalam Journal of Nutrition tahun 2019 menemukan bahwa orang yang mengonsumsi banyak serat mengalami penurunan berat badan lebih signifikan dalam jangka waktu 6 bulan.

  • Oatmeal

Menu sarapan terbaik untuk menurunkan berat badan yang kedua yaitu oatmeal.

Oatmeal dikemas dengan serat sehingga mampu membuat perut kenyang lebih lama. Mengonsumsi karbohidrat “slow-release” dalam makanan seperti oatmeal tidak akan meningkatkan gula darah setinggi mengonsumsi karbohidrat olahan seperti roti putih.

Dengan mengonsumsi oatmeal saat sarapan, kadar insulin tidak akan melonjak tinggi. Nah, karena insulin berperan dalam memberikan sinyal pada tubuh untuk menyimpan lemak, maka menurunkan kadar gula darah salah satunya dengan mengonsumsi oatmeal dapat membantu Anda membakar lemak.

  • Yogurt

Menu sarapan terbaik untuk menurunkan berat badan yang ketiga yaitu yogurt.

Sebuah laporan pada tahun 2020 yang diterbitkan di New England Journal of Medicine mengungkapkan makanan apa saja yang berkorelasi dengan penurunan berat badan. Dan, yogurt termasuk salah satunya.

Protein whey yang ditemukan secara alami dalam yogurt menawarkan efek mengenyangkan dan membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dibandingkan karbohidrat sederhana. Anda dapat mengurangi jumlah kalori dan tambahan gula dengan mengonsumsi yogurt tawar. Guna menambah cita rasa manis dan sensasi segar, Anda bisa mengombinasikannya dengan buah-buahan.

  • Peanut butter

Menu sarapan terbaik untuk menurunkan berat badan yang keempat yaitu peanut butter.

Kacang mengandung protein dan serat untuk membantu tetap kenyang lebih lama sekaligus mendorong penurunan berat badan. Kacang termasuk dalam bentuk peanut butter atau selai kacang juga mengandung lemak sehat dalam dosis yang baik.

Dua sendok makan peanut butter hanya mengandung kurang dari 200 kalori, 8 gram protein, dan 2,5 gram serat. Olahan kacang ini juga padat nutrisi dan sangat cocok untuk jadi menu sarapan yang memuaskan. Sebaiknya, kombinasikan peanut butter dengan karbohidrat “slow-release” seperti roti gandum utuh dan oatmeal untuk mendukung penurunan berat badan yang maksimal.

  • Telur

Menu sarapan terbaik untuk menurunkan berat badan yang kelima yaitu telur.

Satu butir telur berukuran besar memiliki 6 gram protein dan 72 kalori. Dibandingkan karbohidrat dan lemak, protein mampu membuat perut kenyang lebih lama. Sebuah studi dari Environmental Research and Public Health pada tahun 2020 menemukan bahwa mengonsumsi telur untuk sarapan dapat meningkatkan kepuasan makan dan menurunkan konsumsi kalori pada waktu makan berikutnya.

Kendati hanya mengonsumsi telur bagian putihnya, namun itu sudah membantu menghemat kalori. Sementara itu, kuning telur kaya akan nutrisi sehat seperti kalsium serta antioksidan pelindung mata yakni lutein dan zeaxanthin.

Kuning telur memang sumber kolesterol makanan yang signifikan. Namun, ilmu pengetahuan yang lebih baru menunjukkan bahwa kolesterol dari makanan pada dasarnya tidak buruk bagi kesehatan jantung. Plus, para peneliti berpendapat bahwa makan sebutir telur utuh setiap hari baik-baik saja bagi kebanyakan orang.

**