BAUBAU – Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distan dan Ketapang) Kota Baubau mempercepat penyaluran beras Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) tahap ketiga, pada Bulan Maret 2024.

Kadistan dan Ketapang Kota Baubau Muh Rais mengatakan, penyaluran Januari dan Februari sudah selesai. Untuk itu, kata dia, pihkanya sudah melakukan koordinasi dengan Bulog, PT Pos, Dinas Perindag, Asisten dan Kabag Ekonomi.

“Kami juga sudah laksanakan uji kualitas beras di Bulog pada Kamis 21 2024, karena sebelum beras disalurkan kita lakukan pengujian kualitas,” ujar dikutip dari PPID Utama Baubau.

Menurut Muh Rais, setelah dilakukan pengujian kualitas beras, maka tahap selanjutnya adalah PT Pos Baubau menyusun jadwal penyaluran untuk Bulan Maret. Rencananya mulai disalurkan ke masyarakat mulai 25 Maret 2024 yang dimulai di Kecamatan Murhum dan Batupoaro.

Dimana, sambung Kadis untuk Kecamatan Murhum ada 5 kelurahan yakni Kelurahan Baadia, Melai, Lamangga, Tanganapada dan Wajo. Sedangkan untuk di Kecamatan Batupoaro yakni Bone-Bone, Kaoubula, Lanto, Nganganaumala, Tarafu dan Wameo.

“Jadi bantuan beras ini dari bulan Januari sampai dengan Bulan Maret ini telah disalurkan ke semua kelurahan di Kota Baubau yakni 43 kelurahan dan 8 kecamatan. Mengapa penyaluran beras ini kita percepat karena ini juga bisa menekan inflasi yang ada di Kota Baubau. Apalagi inflasi tertinggi itu adalah beras,” ungkapnya.

Muh Rais berharap dengan bantuan beras Bulan Maret ini bisa segera terpenuhi di masyarakat sehingga tidak menjadi masalah dengan inflasi. Apalagi, sekarang berada dalam masa Bulan Suci Ramadhan dan menjelang Idul Fitri. Disamping itu, bisa mengurangi beban masyarakat dalam menghadapi bulan puasa dan lebaran tahun 2024 ini.

**