BAUBAU – Balai Pemeriksaan Obat dan Makanan (BPOM) Kendari telah menetapkan lokus intervensi keamanan pangan Kota Baubau tahun 2024.

Penetapan lokasi intervensi keamanan pangan yang dikuatkan dalam berita acara setelah dilaksanakan advokasi lintas sektor pangan nasional keamanan pangan terpadu desa pangan aman, PJAS aman dan pasar pangan aman berbasis komunitas di Kota Baubau pada 8 Maret 2024.

Kadis Kominfo Kota Baubau, H. Andi Hamzah Machmud menjelaskan bahwa untuk Desa Pangan Aman, lokasi yang ditetapkan adalah Kelurahan Bataraguru dan Bukit Wolio Indah Kecamatan Wolio serta Kelurahan Lamangga Kecamatan Murhum.

Selanjutnya, sekolah dengan Pangan Jajan Anak Sekolah (PJAS) Aman yakni SDN 2 Batulo Baubau, SMPN 1 Baubau, SMPN 2 Baubau, SMAN 1 Baubau, MTsN 1 Baubau dan MAN 1 Baubau. Sementara untuk Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas adalah Pasar Wameo Baubau.

”Baik Desa Pangan Aman, Sekolah dengan PJAS Aman dan Pasar Aman Berbasis Komunitas akan dibackup oleh OPD terkait yakni Dinas Kesehatan Kota Baubau, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Baubau, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Baubau dan Kementerian Agama Kota Baubau,” ucapnya dikutip dari PPID Utama Baubau.

Andi Hamzah berharap penetapan tersebut sesuai dengan kesepakatan yang dibuat dalam berita acara agar ditindaklanjuti, diimplementasikan secara bersinergi dan berkolaborasi dalam pelaksanaannya.

**