BAUBAU – Sebanyak empat Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berada di Kelurahan Tarafu, Kadolokatapi, Kadolomoko dan Katobengke, Kota Baubau akan melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) pada 22 Februari 2024 mendatang

 

Menjelang PSU, Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan pelaksanaan PSU. Rakor dipimpin langsung Pj Wali Kota Baubau Muh Rasman Manafi dan dihadiri oleh Bawaslu, KPU, perwakilan kepolisian, kejaksaan, serta Kepala OPD terkait, pada Senin (19/2/24).

Dalam kesempatan itu, Pj Wali Kota Baubau, menekankan perlunya pengamanan yang lebih ketat pada pelaksanaan PSU ini. Kata dia, semua pihak bekerja sama menghindari terulangnya kecurangan seperti pada 14 Februari 2024 lalu.

“Jangan sepelekan apapun masalah yang ada, sekecil apapun masalahnya harus kita selesaikan dengan serius,” ucapnya dikutip dari PPID Utama Baubau.

Saat ini, KPU Baubau sudah melaporkan kesiapan logistik dan administrasi sudah 100 persen, termasuk akan mengadakan penyegaran kembali pemahaman penyelenggara TPS. Demikian pula dengan Bawaslu telah melakukan patroli pengawasan di wilayah TPS 003 Kelurahan Tarafu yang diduga rawan politik uang. Begitupun dengan koordinasi dengan Polres, Pol PP dan Dinas Perhubungan untuk memastikan proses pemungutan suara ulang berjalan dengan aman dan lancar.

Muh Rasman menambahkan, dari pihak keamanan yakni Polres dan Kodim siap dikerahkan untuk pengamanan dan kelancaran pelaksanaan. Sementara Dinas Kesehatan juga akan menyiagakan tim medis di lokasi, karena berfokus di 4 TPS saja.

“Pemungutan suara ulang akan dilaksanakan serentak pada 22 Februari 2024 di 4 TPS yang berada di Kelurahan Tarafu, Kadolokatapi, Kadolomoko dan Katobengke,” terangnya.

“Semua pihak diminta waspada dan sigap mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi. Dengan persiapan matang, diharapkan pemungutan suara ulang dapat berjalan damai dan sukses,” pungkas Pj Wali Kota Baubau.

**