KONAWE – Putra-putri terbaik yang tergabung dalam 74 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Konawe secara resmi dikukuhkan oleh Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa yang diwakili oleh Asisten II Sekretariat Kabupaten Konawe Muhammad Akbar, Selasa (15/8/2023) malam di Hotel Nugraha berlangsung dengan lancar dan khidmat.

Pantauan HaloSultra.com, suara serentak dan kompak terdengar dari para anggota Paskibraka yang menyanyikan yel-yel usai pengukuhan dilaksanakan.

Plt Kesbangpol Konawe, Tery Indria mastikan kesiapan Paskibraka dalam menyukseskan upacara pengibaran Bendera Merah Putih HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pada Kamis (17/8/2023) mendatang.

“Tadi kan kita sudah melihat mereka sudah dikukuhkan, sebagai Paskibaraka Kabupaten Koknawe kesiapan mereka sudah 100 persen. tadi juga kita sudah melaksanakan gladi bersih untuk Paskibaraka. Insyaa Allah sudah siap 100 persen,” ujar Tery.

Tery mengungkapkan, sebelumnya Paskibraka Konawe berjumlah 75 orang, namun salah satu putri Paskibraka dalam kondisi kesehatan tidak memungkinkan.

Setelah ini, lanjut Tery, besok 74 anggota Paskibraka akan istrahat satu hari penuh.

“Kita akan persiapkan apa yang kurang untuk nanti tanggal 17 Agustus. Mereka besok istrahat total dan jaga stamina sudah tidak ada latihan,” imbuh Tery.

Dia berpesan kepada para anggota Paskibraka untuk menjaga semangat dan banyak berdoa demi kelancaran dalam mengibarkan bendera merah putih.

“Proses awal perekrutan sampai dengan proses pelatihan saya ikuti dan saya salut sama merka dan saya bangga terhadap semangat meraka memang dihari hari pertama berat ada yang cedera kesehatannya agak terganggu. Ketika mereka mengeluh saya pikir mereka akan menyerah. Ternyata tidak saya tanya kembali mereka tetap lanjut itu yang saya bangga dengan semangat mereka,” tukas Tery.

Pihaknya juga menyampaikan apresiasi pada semua pihak-pihak yang mendukung dan mempersiapkan para anggota Paskibraka hingga siap bertugas, khususnya kepada para pelatih TNI.

“Kemudian dengan Dinas Pemuda dan Olahraga, kami selalu komunikasi dengan Dispora mereka sangat membantu memberikan informasi ini terkait suksesnya kegiatan ini. Termasuk juga dengan para wartawan sudah membantu menyebarkan berita terkait Paskibrka,” pungkasnya.

**