LANGARA –  Pendaftaran Besar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2022 di semua provinsi, kabupaten dan kota tidak akan diadakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan-RB).

Tapi pemerintah hanya membuka penerimaan Pegawai Pemerintah dengan perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2022.

Menyikap hal tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konkep telah mengusulkan beberapa formasi kepegawaian demi merekrut putra putri di daerah dalam PPPK.

Formasi tersebut, antara lain guru, tenaga kesehatan, penyuluh pertanian dan juga penyuluh perikanan.

Tidak hanya itu, Pemda Konkep juga mengusulkan sebanyak 30 formasi untuk Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-pp) dan sejauh mana ini telah diterima oleh sistem Kemenpan-RB.

“Kemarin itu kita mengusul Pol-PP 30 orang yang diterima di sistem, kalau tidak ada formasinya tidak diterima. mudah-mudahan bisa lolos, kalau lolos P3K Satpol 30 orang yah lumayan,” kata Kepala BKPSDM Kabupaten Konkep, Umar saat di wawancarai di ruang kerjanya pada Rabu, 30 Maret 2022

Selain itu, Umar juga menambahkan kemungkinan besar tahun 2022 CPNS tidak akan dilaksanakan dan kemungkinan akan kembali dilaksanakan di tahun 2023 mendatang, sesuai informasi yang diterima melalui Kemenpan-RB.

“Tidak hanya menutup kemungkinan CPNS di buka kembali di tahun 2023, sudah dipastikan di tahun 2022 ini tidak ada,” Tambahnya

Lebih lanjut, dirinya juga mengungkapkan saat ini tahun yang di lakukan baru sebatas pengusulan saja dan itu bisa saja masih ada perbaikan pengusulan.

“Kalau tahun-tahun kemarin tidak ada guru agama, sekarang pengusulan guru agama yang banyak dan kesehatan. Kalau totalnya sekitar 200-an lebih orang, mudah-mudahan dia terbuka kembali lagi agar sistemnya bisa kita perbaiki,” tutupnya