KENDARI – Wakil Menteri (Wamen) Ketenagakerjaan, Afriansyah Noor melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kendari, Selasa (03/01/2023).

Afriansyah menyebut, pihaknya bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) akan terus bersinergi dalam menciptakan tenaga-tenaga kerja lokal yang berkompeten.

Dia berpesan, BPVP Kendari di bawah kepemimpinan Laode Haji Polondu, agar lebih semangat memberikan pembinaan kepada masyarakat yang mengikuti pelatihan.

“Saya sudah sampaikan juga ke Wakil Gubernur agar Kemnaker ini berkolaborasi dengan pemerintah provinsi maupun kabupeten/kota,” kata Afriansyah.

Dengan begitu, lanjutnya, program kerja Kementerian Ketenagakerjaan bisa lebih terarah dan bermanfaat bagi putra-putri daerah yang ada di Sultra.

Menurutnya, peningkatan skill bagi para calon angkatan kerja sangatlah penting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga mampu mengelola sumber daya alam dengan baik tanpa harus ke luar negeri.

“Saya sangat sedih jika melihat tenaga kerja kita harus ke luar negeri untuk mendapatkan pekerjaan, apalagi dilakukan secara illegal. Padahal, negeri kita ini memiliki banyak sumberdaya alam yang melimpah ruah,” terangnya.

Tidak hanya memberikan arahan, Sekjen DPP PBB ini juga meninjau gedung Workshop alat berat BPVP Kendari.

“Workshop ini akan kita gunakan untuk anak-anak di Sultra dan sekitarnya. Ini untuk pelatihan tambang yang menggunakan alat-alat berat yang digunakan diperusahaan tambang dan perindustrian yang ada di Sultra,” ujarnya.

Terkait sarana dan prasarananya, ia mengimbau kepada perusahaan-perusahaan yang ada di Sultra untuk berkenan mengibahkan peralatannya guna melatih masyarakat yang akan mengikuti pelatihan.

“Kalau instrukturnya kita sudah siap, Kemnaker sudah banyak instrukturnya apa lagi tambang. Jadi nanti yang ikut pelatihan ini akan langsung bekerja diperusahaan yang ada diwilayah Sultra, jadi tidak nganggur,” tambahnya.

Di lokasi yang sama, Wakil Gubernur Sultra Lukman Abunawas, menuturkan Pemprov Sultra terus memberikan dukungan kepada BPVP Kendari. Salah satunya yakni hibah tanah pembangunan gedung Workshop alat berat BPVP Kendari.

Pemprov Sultra yang juga sejalan dengan BPVP Kendari dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sultra, diantaranya program Sultra Cerdas, program Sultra peduli kemiskinan, program Sultra Sehat, program Sultra taat beragama dan berbudaya serta Program Sultra Produktif.

“Keberadaan BPVP Kendari di Sultra sangat membantu kami dalam menjalankan semua program pemerintah sehingga dampaknya, tingkat kemiskinan kita menurun dan tingkat kesejahteraan meningkat,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala BPVP Kendari La Ode Haji Polondu, menuturkan pihaknya sangat bersyukur mendapatkan banyak support dari berbagai pihak melalui kolaborasi dan kerja sama yang baik untuk menciptakan tenaga kerja handal, berdaya saing, dan kompeten.

“Kami sangat berterima kasih, atas peran dan bantuan dari semua pihak yang terlibat dan peduli terhadap peningkatan kompetensi para calon angkatan kerja, karena kami tentu tidak dapat melakukan itu semua sendiri,” tuturnya.

Keberadaan BPVP Kendari, jelas dia, akan terus memberikan manfaat bagi masyarakat Sultra, khususnya para calon angkatan kerja termasuk para pelaku usaha dalam peningkatan kompetensi dan produktivitasnya sehingga dengan itu akan mampu menolong diri mereka sendiri, keluarga, dan masyarakat secara umum.

“Sesuai dengan harapan Wamen Ketenagakerjaan RI Afriansyah Noor, kami keluarga besar BPVP Kendari akan terus berupaya mempersembahkan yang terbaik untuk menciptakan tenaga kerja yang memiliki skill serta kompetensi dan pelaku usaha yang produktif, serta terus berkolaborasi dengan pemerintah provinsi dan semua pihak dalam menyelesaikan persoalan Ketenagakerjaan di Provinsi Sulawesi Tenggara,” tutupnya. ***