BUTON – Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kabupaten Buton, Harmin memberikan sanksi terhadap seorang guru Sekolah Dasar Negeri (SDN) 50 Buton berinisial MW.

Diketahui sebelumnya, oknum guru MW menghukum muridnya ribut saat jam pelajaran sekolah pada Jumat (21/1/2022) lalu, dengan cara yang memprihatinkan. Ia menyuruh muridnya makan sampah plastik yang diambil di tong sampah.

Harmin menyampaikan, bahwa pihaknya telah melakukan rapat bersama dewan guru dan Kepala SDN 50 Buton untuk menindaklanjuti berita yang telah viral itu. Hasil kesepakatan bersama memutuskan untuk menonaktifkan sementara MW.

“Karena infonya ada siswa yang trauma kepada MW, jadi kami nonaktifkan dulu untuk sementara waktu,” jelas Harmin saat dikonfirmasi, Jumat (28/1/2022).

Akibat kejadian itu, pihaknya meminta maaf atas insiden yang menimpa para siswa kelas III di SDN 50 Buton dan keluarga siswa bersangkutan.

“Saya selaku kepala dinas meminta maaf atas kelalaian yang dilakukan oleh guru tersebut,” pungkasnya.

Setelah insiden tersebut, diberitakan okezone.com salah satu murid kelas III, berinisial DS (9) yang mendapatkan hukuman dengan diberi makan sampah plastik oleh gurunya trauma dan hanya bisa berdiam diri di rumah.

DS mengaku mereka dihukum maju ke depan kelas. Tangan di belakang dan oknum guru mengambil kulit snack di tong sampah. Kemudian, menyobeknya lalu menyuruh siswa buka mulut.