KENDARI – Wakapolda Sulawesi Tenggara (Sultra), Brigjend Pol Dwi Irianto memastikan dan memantau langsung arus balik mudik Lebaran 1445 Hijriah tahun 2024 Masehi di Pelabuhan Nusantara Kendari, pada Senin (15/4/2024).

Pengecekan Pos Yan Pelabuhan Nusantara oleh Bapak Wakapolda Sultra beserta rombongan PJU Polda Sultra, turut didampingi oleh Danlanal Kendari, Kapolresta Kendari, dan Kepala Kantor KSOP Kelas II Kendari. Setelah itu, dia juga melakukan pantauan arus balik di wilayah sekitar Pelabuhan Nusantara Kendari.

Tiba di Pelabuhan Nusantara Kendari dan memasuki Pos Yan Pelabuhan Nusantara, Wakapolda langsung melakukan pengecekan saat kedatangan serta akan berangkatnya kapal cepat KMP Priscillia 88, mulai dari dek kapal hingga beberapa fasilitas pendukung lain.

Pengecekan yang dilaksanakan ini merupakan bentuk pengawasan secara langsung untuk memonitoring kondisi aktivitas arus mudik balik masyarakat pengguna jasa kapal angkutan laut yang berada di Pelabuhan Nusantara Kendari pasca perayaan Idul Fitri.

Kegiatan tersebut dalam rangka melakukan pengecekan kesiapan personel Polri di lapangan dalam melaksanakan tugas pengamanan bekerja sama dengan TNI AL dan KSOP Kelas II Kendari, sehingga dapat terlaksana sesuai prosedur untuk mengantisipasi potensi gangguan yang dapat timbul menjadi gangguan nyata di area sekitar Pelabuhan Nusantara Kendari pasca perayaan lebaran.

Dalam kesempatan itu, Wakapolda mengatakan arus balik mudik lebaran terpantau aman dan lancar, meskipun ada peningkatan jumlah penumpang kapal tapi tidak terjadi secara signifikan.

“Alhamdulillah, kami di sini para petugas dalam hal ini Polri bersama TNI dalam hal ini TNI AL dan KSOP bersama-sama memastikan kelancaran arus balik dan penumpang tetap aman,” ujarnya.

Brigjend Pol Dwi Irianto, mengingatkan agar penumpang kapal tidak naik di atas kapal, dan apabila kapal sudah full atau penuh sesuai dengan kapasitas kapal agar segera diberangkatkan, tidak dinaikkan lagi penumpang lain atau ditambah jumlahnya.

“Lebaran kita tahun ini berjalan aman dan kondusif. Hasil kunjungan kita di Pos PAM maupun Pos Siaga tidak ada laporan dari masyarakat bahwa ada kecurian, kehilangan, maupun hal lain,” tandasnya.

**