KENDARI – Bencana banjir di Kota Kendari mengakibatkan ruas jalan amblas serta beberapa tanggul longsor dan terjadi sedimentasi akibat banjir, mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra menggandeng kerjasama dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi IV Kendari untuk melakukan penanganan.

Hal itu diungkapkan Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Andap Budhi Revianto saat meninjau secara langsung Jalan S. Parman yang amblas dan Lorong Teplan, Kota Kendari, Rabu (13/03/24).

Dari hasil peninjauan lapangan, teridentifikasi ada lima titik terparah yakni: jalan yang amblas, tanggul yang longsor termasuk aliran sungai yang tersedimentasi akibat banjir yang harus dibersihkan, yakni, sepenggal ruas di jalan S. Parman, di depan Kantor DPMPTSP (jalan amblas akibat banjir).

Kemudian kedua di Sungai Teplan Benu Benua, terdapat empat titik tanggul sungai yang longsor dan kerusakan bervariasi, terparah sepanjang 75 meter, selanjutnya 50 meter, 20 meter, dan ada juga yang rusak sepanjang lima meter. Nantinya tanggul tersebut akan diperbaiki dan dikembalikan ke fungsinya semula.

Yang ketiga, lanjut Pj gubernur Sungai Lasolo samping RS Santa Anna (tanggul jebol sepanjang 25 meter). Keempat di Kampung Salo (tanggul jebol) dan kelima Sungai Bonggoeya belakang Pasar Panjang (tanggul sungai yang belum selesai dibangun oleh Pemkot Kendari).

“Kelima titik ini nantinya diperbaiki dan akan dikembalikan ke fungsi semula,” ujar Pj Gubernur seperti dikutip dari laman PPID Utama Provinsi Sultra.

“Sempitnya akses jalan masuk membuat excavator tidak bisa masuk ke lokasi. Nanti akan digunakan _jack hammer_ yang tentunya akan menambah waktu dalam proses penyelesaiannya,” ungkapnya.

Andap menambahkan, “hal ini harus dilakukan segera mengingat intensitas curah hujan relatif tinggi beberapa waktu kedepan apabila merujuk pada prakiraan cuaca BMKG,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala BWS IV Sulawesi Kendari Adi Umar Dani mengatakan akan mendukung sepenuhnya rencana normalisasi sungai pasca banjir ini.

“Ijin Pak Pj Gubernur, kami dari BWS IV Sulawesi Kendari akan mendukung sepenuhnya rencana ini, dan Insya Allah dalam waktu dekat kelima titik ini akan segera dikerjakan,” kata Dani.

Turut mendampingi Pj Gubernur yakni Kepala BWS IV Sulawesi Kendari, Asisten I, Kadis Cipta Karya, Kadis SDA dan Binamarga, Ka Bappeda, Kasatpol PP, Karo Kesra, dan segenap Pegawai daro Pemprov Sultra dan BWS IV Sulawesi Kendari.

**