KENDARI – Dinas Penanaman Kodal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sulawesi Tenggara (Sultra) menyusun profil investasi daerah bersama stakeholder terkait.

Kepala DPMPTSP Sultra, Parinringi menyebutkan, dengan profil investasi daerah menjadi salah satu upaya untuk menarik investor dan menumbuh kembangkan investasi di Sultra.

Dengan bertumbuhnya investasi, akan menggerakkan roda perekonomian, karena peranannya yang dominan dalam mempelancar pembangunan.

Lanjut Parinringi, maka perlu ditingkatkan pengelolaannya, baik dari segi perencanaan, promosi, pelayanan, pengawasan serta pemberian pelayanan yang maksimal melalui koordinasi lintas sektoral secara terpadu.

“Dengan tersedianya data dan informasi tentang potensi investasi di Sultra, kita harapkan akan meningkatkan peluang investasi berdasarkan sektor,” katanya Parinringi dalam keterangan persnya, Senin (29/5/2023).

Selain itu, akan tercipta kesamaan visi diantara instansi terkait dan stakeholder mengenai arah kebijakan dan strategis pengembangan penanaman modal di Sultra.

“Target kita juga, dengan disusunnya profil investasi daerah akan mempercepat peningkatan investasi di Sulawesi Tenggara,” katanya.

Terakhir dijelaskan, kegiatan ini juga merupakan amanat dari Undang-undang Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal.

Diketahui kegiatan penyusunan profil investasi daerah ini dilaksanakan pada tanggl 26 dan 29 Mei 2023 menghadirkan akademisi Universitas Halu Oleo, OPD teknis terkait, Pejabat Struktural dan Fungsional serta staf DPMPTSP Sultra.

**/rls