BAUBAU – KMP Madidihang off melayani pelayaran dari Baubau-Mawasangka (Baubau-Buton Tengah), Mawasangka-Dongkala (Buteng-Bombana) dan Dongkala-Kasipute (Bombana). Pasalnya, kapal tersebut saat ini tengah menjalani perawatan.

Hal tersebut disampaikan Manager Usaha PT ASDP Cabang Baubau, Sultra M Yusuf Affandy.

Dia menjelaskan, KMP Madidihang telah berangkat menjalani docking di PT Bontuni Tirta Mas Kendari pada 19 Oktober 2022 selama 15 hari dalam hal perawatan tahunan (docking).

“KMP Madidihang ini melayani di rute Baubau-Dongkala, Dongkala-Mawasangka, Mawasangka-Dongkala dan Dongkala-Kasipute, lalu baliknya Kasipute-Dongkala dan Dongkala-Baubau,” ujarnya, Sabtu (29/10/2022).

Dengan adanya perawatan itu, maka untuk sementara tidak ada kapal ASDP yang beroperasi di lintasan tersebut. Rute tersebut merupakan lintasan perintis yang disubsidi pemerintah.

“Jadi untuk sementara ini (lintasan itu) kosong, tidak ada kapal yang mengganti di sana,” ujarnya.

Namun begitu pihaknya menyampaikan kepada calon pengguna jasa transportasi kapal feri agar tak khawatir.

Calon penumpang dapat menggunakan kapal swasta yang beroperasi di sana, dimana kapal itu ada yang melintasi seperti rute Kasipute-Tondasi (Bombana-Muna Barat).

“Docking adalah kewajiban kita juga demi kenyamanan dan keselamatan kita semua,” ujarnya.

KMP Madidihang yang memiliki kapasitas kurang lebih 8 unit kendaraan roda empat dan 20 unit roda dua, kata dia, akan kembali beroperasi di lintasan tersebut usai menjalani perawatan rutin. **