BAUBAU – Dalam persiapan pada lomba kelurahan tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra ini, Kelurahan Karya Baru, Kecamatan Sorawolio yang mewakili Kota Baubau sudah cukup lama berbenah, mulai dari tingkat Camat, Lurah, serta OPD-OPD terkait bahu-membahu untuk mensukseskan program lomba kelurahan.

Demikian dikatakan Pj Wali Kota Baubau yang diwakili Pj Sekda Kota Baubau La Ode Fasikin saat memberikan sambutan pada kegiatan tatap muka tim penilai lomba kelurahan tingkat Provinsi Sultra di halaman kantor Kelurahan Karya Baru, Selasa (11/6/ 2024).

Menurut Pj Sekda, Kota Baubau telah melalui proses cukup panjang sesuai dengan petunjuk pelaksanaan penilaian lomba desa dan kelurahan tahun 2024, dengan menominasikan Kelurahan Karya Baru sebagai perwakilan 8 kecamatan dari 43 kelurahan di wilayah Kota Baubau.

La Ode Fasikin meyakini Kelurahan Karya Baru mampu mempresentasikan kemajuan di bidang penyelenggaraan pemerintahan kelurahan, kewilayahan, dan pemberdayaan masyarakat dengan cukup baik.

Selain itu dapat menjadi perwujudan dari kelurahan tangguh yang menjadi wadah bagi tumbuhnya perekonomian masyarakat sehingga masyarakat bisa bangkit kembali menumbuh kembangkan potensi yang ada melalui pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah dan pengembangan objek wisata sebagai upaya meningkatkan perekonomian dan pendapatan asli daerah.

Lebih lanjut dijelaskan, pelaksanaan lomba kelurahan merupakan amanah peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan.

”Harapan kita melalui lomba ini dapat mengetahui efektivitas, tingkat perkembangan kelurahan, kemajuan, kemandirian, keberlanjutan pembangunan, kesejahteraan masyarakat, serta daya saing kelurahan melalui pembangunan Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan kelurahan dalam kerangka negara kesatuan republik indonesia,” katanya seperti dikutip dari laman Pemkot Baubau.

Sementara itu, Kadis PMD Sultra I Gede Panca selaku ketua tim penilai lomba kelurahan tingkat Provinsi Sultra juga berharap dan berdoa agar Kelurahan Karya Baru bisa menjadi juara satu dalam lomba Kelurahan tingkat Provinsi Sultra.

Jadi ada tiga aspek yang akan dinilai dalam lomba kelurahan yakni aspek pemerintahan bagaimana pemerintahan berjalan melayani masyarakat.

Kemudian, aspek yang kedua adalah kewilayahan dan yang akan dinilai juga ada inovasi dari kelurahan yang dibuat serta aspek yang ketiga adalah kemasyarakatan.

**