BAUBAU – Sebagai upaya mencegah terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Personel Polres Baubau yang terlibat dalam Satuan Tugas (satgas) Preventif Ops Bina Karuna Anoa-2024 melaksanakan Patroli Sambang untuk menyampaikan himbauan tentang larangan pembakaran hutan dan lahan.

Himbauan itu diberikan kepada warga yang bermukim dekat dengan hutan atau kebun, pada Minggu (24/3/2024).

Potroli sambang tersebut dipimpin oleh Kasatgas Preventif Iptu Laode Rachmat, dengan menyambangi warga masyarakat dan terus memberikan pemahaman kepada warga mengenai dampak dari Karhutla di Kelurahan Waborobo, Kecamatan Betoambari, Kota Baubau. Dimana di wilayah tersebut sering terjadi adanya kebakaran hutan.

Kapolres Baubau melalui Kasatgas Preventif Ops Bina Karuna Anoa 2024, Iptu La Ode Rachmat mengatakan bahwa dalam patroli itu, lihaknya memberikan sosialisasi dan himbauan dengan menyambangi langsung kepada warga yang bermukim dekat dengan hutan atau kebun untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

”Hal ini sebagai upaya Polres Baubau dalam memberikan hibauan sedini mungkin agar masyarakat tidak melakukan pembakaran hutan saat membuka lahan perkebunan,” ucap Iptu La Ode Rahmat.

”Kami juga memberikan himbauan serta edukasi kepada masyarakat terkait dampak dan bahaya dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) bagi kesehatan, ekonomi, sosial, kelestarian ekosistem hayati, dan dampak bagi lingkungan hidup,” sambungnya.

Lewat patroli tersebut, Iptu La Ode Rahmat berharap agar masyarakat semakin faham dan mengetahui dampak atau akibat yang akan terjadi bila membuka lahan atau kebun dengan cara dibakar dan dapat membantu mencegah terjadinya karhutla di wilayah hukum Polres Baubau.

**