KONAWE KEPULAUAN – Kapal Motor Nelayan (KMN) Cahaya Sinar yang mengangkut 11 awak kapal atau POB dilaporkan tenggelam setelah dihantam gelombang tinggi di sekitar Perairan Wawonii, Sulawesi Tenggara (Sultra), pada Selasa (27/2/2024) sekitar pukul 02.27 Wita.

Tim SAR gabungan dikerahkan untuk mencari dan mengevakuasi para ABK. Pasalnya, dari keseluruhan awak, 3 orang berhasil selamat, sementara 8 orang lainnya masih dalam pencarian atau hilang.

Hal itu seperti yang disampaikan Humas Basarnas Kendari, Wahyudi lewat keterangan tertulisnya, Rabu (28/2).

“Pada pukul 02.27 Wita, Comm Centre KPP Kendari menerima informasi dari Bapak Sudirman (ABK Kapal KMN Cahaya Sinar) yang melaporkan telah terjadi kecelakaan kapal yakni KMN Cahaya Sinar tenggelam disekitar Perairan Wawonii,” ucap Wahyudi.

Berdasarkan laporan tersebut, sambung dia, Tim Rescue KPP Kendari diberangkatkan dengan menggunakan KN SAR Pacitan menuju LKP untuk memberikan bantuan SAR, pada pukul 02.45 Wita.

Sebelumnya, pada 26 Februari, 2024 KMN Cahaya Sinar berangkat dari Kendari dengan tujuan mencari ikan disekitar perairan Pulau Wawonii.

Pada 27 Februari sekitar pukul 08.30 Wita, kapal dihantam gelombang yang mengakibatkan air masuk ke dalam kapal. Salah satu awak kapal dengan menggunakan perahu kecil mendayung mencari daratan untuk meminta bantuan.

Berikut daftar 11 orang POB KMN Cahaya Sinar

Korban selamat:

  1. Sudirman
  2. Nadi
  3. Syukur

Korban dalam pencarian:

  1. Subhan (Kapten kapal)
  2. Suherman
  3. Suriadi
  4. Suryanto
  5. Rian
  6. Aco
  7. Arjun
  8. Rival

**