KOLAKA – Kabupaten Kolaka dilanda banjir akibat hujan deras yang mengguyur wilayah itu pada Sabtu 20 Januari 2024. Akibatnya, ribuan rumah warga dan sejumlah fasilitas umum dari lima kecamatan terdampak bencana tersebut.

Sebagai langkah penanganan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka telah menurunkan petugas dari BPBD Kabupaten Kolaka, dibantu dari personel Polres Kolaka dan Kodim 1412 Kolaka untuk melakukan evakuasi beberapa barang berharga milik warga.

Selain itu, Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kolaka turut andil ikut membantu warga korban banjir di beberapa wilayah Kabupaten Kolaka, pada Minggu (21/1).

Andi Wahidah mengatakan bahwa relawan PMI akan membantu penanganan dampak banjir di Kabupaten Kolaka .

‚ÄúPenanganan bencana ini bukan hanya menjadi beban dan tanggung jawab pemerintah, tetapi juga unsur lainnya seperti PMI . Penanganan bencana di Kolaka membutuhkan energi besar guna menghadirkan kembali kehidupan normal masyarakat di wilayah tersebut,” ucapnya.

Kedepannya, relawan PMI Kolaka berkomitmen untuk lebih berperan aktif dalam membantu dan mengantisipasi bencana yang ada di wilayah Kabupaten Kolaka.

Pasalnya, pemulihan setelah banjir akan dilakukan oleh tim gabungan yang terdiri dari TNI/Polri, BPBD dan warga sekitar.

**