KOLAKA TIMUR – Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi IV Kendari bakal melakukan normalisasi sungai yang menjadi penyebab meluapnya air di persawahan Desa Tumbudadio dan Lara, Kecamatan Tirawuta, Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra).

Pada Rabu (6/3/2024), Tim BWS turun melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap kondisi sungai serta upaya-upaya yang dilakukan dalam pengelolaan dan pelestarian sumber daya alam di sekitar sungai.

Hal itu seperti yang disampaikan Kepala Pelaksanan BPBD Koltim, Dewa Made Ratmawan.

“Semoga ini usulan normalisasi yang Pemda Koltim ajukan ke BWS, menjadi usulan prioritas pihak balai. Khususnya di area persawahan Desa Tumbudadio dan Lara,” harapnya.

Lanjut dia mengatakan bahwa pihak BWS merespon dengan sangat cepat dan menurunkan tim teknisnya ke lokasi sawah yg terdampak banjir, guna meninjau kondisi eksisting Sungai Iwoikondo yang menjadi penyebab lambatnya aliran air, dikarenakan adanya pendangkalan dan sedimentasi di sepanjang alur sungai tersebut.

Untuk itu, pihaknya berharap dengan di turunkannya tim teknis ini, usulan Pemda koltim untuk dilakukannya normalisasi sungai sepanjang 2,5 kilometer, dapat direalisasikan oleh pihak balai sehingga banjir di area sekitarnya tidak terulang lagi.

“Kunjungan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal yang bermanfaat dalam upaya pelestarian lingkungan hidup di sekitar sungai dan memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat lokal,” ucapnya.

Dewa Made Ratmawan menambahkan, keterlibatan aktif dan partisipasi masyarakat sangat diperlukan dalam menjaga keberlanjutan dan kelestarian sumber daya alam di Kolaka Timur.

**