BOMBANA – Penjabat (Pj) Bupati Edy Suharmanto menyebutkan bahwa terdapat delapan program prioritas Pemerintah Daerah (Pemda) Bombana di tahun 2024 ini.

Kedelapan program itu adalah Pengendalian Inflasi, Penurunan Angka Stungting, Penanggulangan Kemiskinan Ekstrim, Optimliasi Pelayan Publik, Pemberdayaan Masyarakat, Pembinaan Kemasyarakatan, Peningkatan Infrastruktur dan Penyerapan Anggaran.

“Saya meminta kepada para Perangkat d
Daerah untuk melakukan hal-hal yang selaras dengan program tersebut,” ucap Edy Suharmanto, pada Selasa (2/1/2024).

Untuk merealisasikan 8 rogram tersebut, Edy meminta pihak-pihak terkait untuk melakukan hal-hal yang selaras dengan program tersebut.

Pertama, Tim Anggaran perlu menyisir dan mencermati kembali program kegiatan 2024, untuk mencegah terjadinya defisit anggaran tahun berjalan (tidak tertundanya pembayaran TPP pegawai).

Kedua, nasing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) perlu menyusun jadwal pelaksanaan kegiatan, sehingga jelas target dan capain kinerja per triwulan. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari pelaksanaan kegiatan dan penyerapan anggaran diakhir tahun.

Selanjutnya, proses pengadaan barang dan jasa khususnya belanja modal, mulai dari sekarang segera dilaksanakan jangan lagi menunggu arahan dan petunjuk. Dan terakhir, Kepala OPD diharapkan rajin koordinasi dengan pemerintah pusat untuk mendapatkan anggaran kegiatan/bantuan.

“Karena salah satu keberhasilan Kepala OPD adalah bagaimana mampu mendapatkan anggaran APBN untuk daerah,” tegasnya.

Pj Bupati Bombana juga menekankan kepada seluruh ASN lingkup Pemkab Bombana agar bekerja dengan baik, jangan memikirkan atau terpengaruh dengan isu-isu rotasi dan mutasi. Dia juga menekankan akan mengambil langkah-langkah penataan birokrasi yang berbasis kompetensi sehingga tidak ada yang dirugikan.

Dengan demikian, Edy Suharmanto berharap agar Dinas Kominfo Kabupaten Bombana mongoptimalkan perannya sebagai corong pemda dengan memanfaatkan rekan-rekan pers dan semua media yang dimiliki untuk mempublikasikan sekecil apapun kegiatan yang dilakukan oleh masing-masing OPD.

“Saya harap Kominfo bisa mengoptimalkan perannya, serta kepala OPD agar memberikan ruang kepada teman-teman pers, supaya masyarakat mengetahui dan mendapatkan informasi sehingga tidak bertanya lagi apa yang akan dan telah kita lakukan,” tutupnya.

**