BOMBANA – Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Bombana, Pemkab setempat melakukan kerjasama dengan penandatanganan nota kesepakatan atau MoU peningkatan kualitas pendidikan melalui program pandai berhitung dengan metode Gampang, Asyik, dan Menyenangkan (GASING) dengan Yayasan Tekhnologi Indonesia.

Penandatanganan nota kesepakatan tersebut dilakukan langsung Pj Bupati Bombana, Burhanuddin dengan Prof. Yohanes Surya selaku pendiri Yayasan Teknologi Indonesia Jaya di Jakarta Selatan, Selasa (8/8/2023) lalu.

Kerjasama ini guna menindaklanjuti Permendagri Nomor 59 Tahun 2021 tentang Penerapan Standar Pelayanan Minimal (SPM), dimana terdapat salah satu indikator dalam SPM Pendidikan yaitu kemampuan numerasi siswa.

Untuk itu, untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa di daerah tersebut, Pemkab Bombana bakal melaksanakan kegiatan pelatihan pandai berhitung dengan metode GASING bagi 32 orang guru dan 64 siswa.

Pj Bupati Bombana, Burhanuddin berharap dengan adanya kegiatan pelatihan ini, guru-guru di Bombana akan memiliki kompetensi numerasi yang mumpuni untuk ditransfer kepada siswa melalui pembelajaran di sekolah.

Burhanuddin juga meyakini bahwa dengan adanya kegiatan ini, maka ke depan akan muncul anak-anak Bombana yang ikut berpartisipasi dalam ajang Olimpiade Sains khususnya Matematika.

“Hal ini juga dapat memposisikan Kabupaten Bombana untuk dapat berkontribusi dalam upaya pemerintah pusat untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa yang hari ini masih di posisi 73 dari 78 Negara berdasarkan hasil survei dari PISA (Programme for International Student Assessment),” kata Burhanuddin, Jumat (11/08/2023).

Untuk diketahui, metode GASING adalah suatu metode pembelajaran matematika dengan langkah demi langkah yang membuat anak menguasai matematika secara gampang, asyik, dan menyenangkan.

Kunci metode GASING ini adalah proses langkah demi langkah, yang disusun sedemikian rupa sehingga penguasaan materi dibangun dari pemahaman materi sebelumnya.

Pentingnya proses langkah demi langkah ini dalam metode GASING tercermin sewaktu anak-anak belajar suatu topik, ada titik kritis yang harus mereka lewati. Setelah mencapai titik kritis ini mereka tidak akan sulit lagi mengerjakan soal dalam topik tersebut.

**