MUNA  –  Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Raha memprioritaskan pelayanan prima agar calon peserta didik baru tertarik untuk melanjutkan jenjang pendidikannya disekolah yang berlokasi di jalan Macan, Kelurahan Raha III.

Menurut Kepala Sekolah SMKN 2 Raha, Mardia Bua Sirua, saat ini di beberapa Kecamatan yang ada di Kabupaten Muna sudah memiliki Sekolah Menegah Atas (SMA) maupun SMK, hanya saja kata dia, SMKN 2 Raha memiliki sarana dan prasarana yang memadai bila dibandingkan dengan sekolah lainnya.

SMKN 2 Raha yang lebih dikenal sebagai Sekolah Teknik Menengah (STM) menyediakan empat jurusan, seperti Kendaraan ringan otomotif (mobil), desain Permodelan (arsitek), batu dan kelistrikan.

“Jadi untuk saat ini yang paling banyak diminati siswa ada dua yaitu otomotif dan kelistrikan ”ucapnya kepada awak media, Selasa 29 Maret 2022

Menurutnya, setiap tahun ada tren peningkatan siswa di SMKN 2 Raha hal itu di picu dari popularitas karena telah mencetak alumni-alumni terbaik dan beberapa kali memenangkan perlombaan ditingkat Provinsi.

Tahun 2021 kata dia, SMKN 2 Raha sendiri telah memenangkan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) di Kota Kendari dimana sekolah yang dinakhodainya mampu memenangkan lomba instalasi kelistrikan, meraih juara 2 bidang pembuatan kabinet dan bidang konstruksi batu sementara untuk jurusan otomotif meraih juara harapan satu.

“Kalau LKS desain kemarin itu tidak diperlombakan. Selain itu, di SMKN 2 Raha ini memiliki guru yang ahli dibidangnya sehingga memberikan pelayanan belajar terbaik bagi para siswa untuk pengetahuan dan keterampilan bagi masing-masing jurusan,”tandasnya