KENDARI – UPT Perpustakaan Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari menggelar workshop pengelolaan digital library sekaligus melaunching Elektronik Library atau E-LIB , disalah satu hotel di Kendari, Rabu (31/8/2022).

Rektor UHO, Muhammad Zamrun Firihu, mengatakan perkembangan arus teknologi saat ini yang begitu pesat harus mampu diikuti sehingga tidak menjadi orang yang ketinggalan zaman.

Oleh karena itu, sebagai salah satu upaya yang dilakukan pihaknya mendorong kemajuan Perpustakaan UHO agar berbasis teknologi, sehingga nantinya akan lebih mudah diakses oleh siapapun baik itu dosen, mahasiswa maupun para pustakawan melalui aplikasi E-Library yang dapat didownload melalui Playstore.

“Namun Ini baru sistem dasar, belum final. Pasti nanti akan dikembangkan lagi sesuai dengan kebutuhan,” kata Zamrun.

Meski begitu, Zamrun mengungkapkan jika saat ini pihak kampus sedang melakukan pelatihan kepada admin terlebih dulu dan menyiapkan layanan didalam aplikasi tersebut agar dapat diakses oleh para pustakawan.

Sementara itu, Kepala Perpustakaan UHO, Muhammad Alim Marhadi, mengungkapkan saat ini terdapat sekiranya 72 ribu buku yang ada di perpustakaan UHO yang telah siap dimasukkan ke dalam aplikasi tersebut.

“Jadi nanti kalau para pustakawan mau cek buku bisa lewat aplikasi ini dulu. Tinggal buka saja aplikasi ini, baru cek buku judul apa, nanti langsung akan terbaca otomatis,” ujarnya.

“Kita target untuk penyiapan aplikasi tersebut supaya bisa digunakan, supaya bisa rampung rampung dalam waktu satu bulan untuk pencatatan nama buku di dalam aplikasi,” pungkasnya. ***