KENDARI – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Andap Budhi Revianto resmi melantik Andi Makkawaru menjadi Penjabat (Pj) Bupati Kolaka, di Ruang Pola Kantor Gubernur Sultra, pada Senin (15/1/2024).

Diketahui, Andi Makkawaru yang saat ini menjabat menjadi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Sultra itu, menggantikan Muhammad Jayadin yang telah berakhir masa jabatannya sebagai Plt Bupati Kolaka.

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian Nomor 100.2.1.3-71 Tahun 2024 tentang pengangkatan Penjabat Bupati Kolaka tertanggal 7 Januari 2024 .

Dalam sambutannya, Pj Gubernur menyampaikan selamat kepada Pj Bupati Kolaka yang dilantik. Dia menekankan bahwa Penjabat Bupati memiliki tugas memberikan pelayanan publik dan mensejahterakan masyarakat. Sehingga kolaborasi dan kerja sama dengan unsur Forkopimda harus dikedepankan, termasuk merangkul tokoh agama dan tokoh masyarakat serta turun ke lapangan supaya tahu kondisi masyarakat yang dipimpinnya .

“Selain itu, Pj Bupati juga harus mengawal dan memastikan pelaksanaan pemilu dan pilkada serentak tahun 2024 supaya berjalan aman dan damai,” ucapnya.

Andap juga meminta Penjabat Bupati agar mampu mengendalikan inflasi, menanggulangi kemiskinan, menurunkan tingkat pengangguran terbuka dan menangani stunting.

“Masa jabatan sebagai Penjabat Bupati Kolaka ini paling lama satu tahun,” pungkasnya.

**