KENDARI – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali melaksanakan program Jumat Curhat, Jumat (26/05/2023). Kali ini program tersebut dilaksanakan di Kelurahan Baruga, Kota Kendari.

Sama seperti biasanya kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mendengarkan keluhan, saran serta kritik dari masyarakat, untuk membangun kinerja Polri yang lebih baik.

Kegiatan yang dilaksanakan di salah satu cafe di Kelurahan Baruga, Kecamatan Baruga, Kota Kendari yang dipimpin langsung oleh Kapolda Sultra Irjen Pol Teguh Pristiwanto didampingi Wakapolda Sultra Brigjen Pol Dwi Irianto serta dihadiri Pejabat utama Polda Sultra.

Turut hadir dalam jumat curhat tersebut Kapolsek Baruga AKP Umar, Lurah Baruga Burhanuddin Daming dan perangkat lingkup pemerintah dan tokoh masyarakat Kelurahan Baruga.

“Program Jumat Curhat merupakan program Polri untuk lebih dekat dengan masyarakat dengan mendengarkan secara langsung keluhan yang dirasakan masyarakat” ujar Kapolda Teguh.

Beberapa hal yang dibicarakan di kegiatan ini di antaranya adalah masyarakat Baruga meminta agar setiap masjid di Kelurahan mereka diusahakan dipasangi CCTV, mengingat bahwa kejadian pencurian kotak amal di masjid masih sering terjadi.

Selain itu, keluhan masyarakat terkait tentang masih kurangnya personel Bhabinkamtibmas di wilayah mereka, bahkan tidak jarang satu orang Bhabinkamtibmas juga harus bertugas ke kelurahan lain.

Selain mendengarkan keluhan masyarakat secara langsung dengan pendekatan humanis, Jumat Curhat ini dilaksanakan juga dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas di wilayah hukum Polsek Baruga Kota Kendari agar tetap tercipta Kamtibmas yang aman dan kondusif menjelang pesta demokrasi Tahun 2024 mendatang.

“Silaturahmi dengan masyarakat ini juga dalam rangka menciptakan dan menjaga kondusifitas wilayah hukum Kota Kendari umumnya dengan mendengarkan keluh-kesah dari masyarakat sekaligus untuk menerima kritik masukan, aduan publik demi terwujudnya suatu komunikasi yang baik antara masyarakat dan Polri sehingga meningkatkan kepercayaan publik terhadap Polri,” terang Kapolda.

*