HaloSultra.com – Agar tetap sehat selama berpuasa, pastikan asupan saat berbuka minim minyak atau tanpa minyak sama sekali.

Keseringan menyantap gorengan sebagai makanan untuk berbuka puasa tidak baik untuk kesehatan. Ini karena makanan tersebut bisa menyebabkan masalah kesehatan, seperti GERD dan kolesterol tinggi.

Setelah membatalkan puasa dengan takjil, kamu pasti ingin mengisi perut yang keroncongan dengan makanan utama. Supaya makanan utama tidak menyebabkan gangguan kesehatan di kemudian hari, inilah beberapa makanan untuk berbuka puasa tanpa minyak yang dijamin sehat tapi tetap enak, seperti dilansir dari Alodokter.

  • Sup Ayam

Tak hanya baik untuk melepas dahaga, sup ayam sebagai makanan untuk berbuka puasa juga bisa menghidrasi tubuh. Belum lagi, sup ayam juga kaya akan asam amino yang dapat membuatmu lebih berenergi sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh selama berpuasa.

Proses pembuatan sup ayam tergolong singkat sehingga bisa dipersiapkan menjelang berbuka. Kamu hanya perlu merebus ayam hingga berkaldu, lalu menambahkan rempah dan sayuran, seperti wortel, buncis, serta kentang.

  • Pepes

Pepes merupakan makanan tanpa minyak yang nyaman untuk dinikmati kapan pun, termasuk saat berbuka puasa. Cara membuatnya mudah, yakni cukup mencampurkan ayam, tahu, atau jamur dengan rempah yang telah dihaluskan. Setelah itu, bahan pepes dibungkus dengan daun pisang, lalu dikukus hingga matang.

Pepes dinilai lebih sehat karena diolah dengan cara dikukus. Proses mengukus tak hanya menjaga kandungan air dalam makanan, tetapi juga mempertahankan nilai gizinya. Dengan begitu, kandungan protein, vitamin, dan mineral pada hidangan yang satu ini tidak banyak berkurang.

  • Sambal Tempe

Sebagai orang Indonesia, makan lauk tanpa sambal rasanya kayak ada yang kurang. Kamu bisa berkreasi dengan sambal tempe untuk menu berbuka nanti, nih.

Tempe merupakan makanan tinggi protein yang bisa membuatmu kenyang lebih lama. Hal ini dapat mencegahmu makan lebih banyak karena lapar mata, yang ujung-ujungnya hanya membuat perut begah dan tidak khusyuk saat beribadah.

Agar tetap tanpa minyak, hindari menggoreng tempe atau menambahkan minyak pada sambal yang kamu buat. Tempe bisa dikukus atau dipanggang terlebih dahulu sebelum diulek dengan sambal.

  • Macaroni Schotel

Makanan untuk berbuka puasa tanpa minyak selanjutnya adalah macaroni schotel. Hidangan ini terdiri dari makaroni, susu, telur, daging cincang, dan keju yang dicampur menjadi satu lalu dipanggang. Karena diolah dengan cara dipanggang, sudah pasti nutrisinya tidak banyak berkurang.

Hidangan ini kaya akan protein dari susu, telur, dan daging cincang. Sebagai sumber energi, kamu akan mendapatkan asupan karbohidrat dari makaroni, serta gula dan lemak alami dari susu dan keju.

  • Nasi Tim

Nasi tim juga bisa menjadi makanan untuk berbuka puasa tanpa minyak. Nasi yang sudah dimasak dengan rempah-rempah akan dikukus bersama tumisan ayam hingga bentuknya padat. Hidangan ini memiliki cita rasa gurih dan manis serta tekstur yang lembut, sehingga cocok untuk dinikmati saat berbuka.

Nasi tim menyediakan karbohidrat dan protein sekaligus dalam sekali suap. Sebagai opsi yang lebih sehat, kamu bisa mengganti nasi putih ke nasi cokelat. Soalnya, nasi cokelat adalah karbohidrat kompleks yang baik untuk mengendalikan kadar gula darah serta menyediakan lebih banyak energi untuk tubuh.

  • Ayam Kukus Jahe

Tak hanya lebih sehat karena dikukus, hidangan ini juga punya banyak manfaat berkat kandungan jahenya. Salah satu manfaatnya adalah meredakan gejala maag, seperti nyeri lambung dan perut kembung. Belum lagi daging ayam yang kaya protein juga baik untuk membuat tubuh lebih cepat kenyang dan menguatkan imunitas tubuh.

Selain itu, ayam kukus jahe juga bagus untuk mengendalikan kadar gula darah selama berpuasa, sebab jahe sendiri bisa membantu tubuh menggunakan insulin dengan baik.

  • Ikan Bakar Sambal Colo-colo

Jam tidur yang lebih pendek karena harus bangun sahur membuat sebagian orang tidak mendapatkan tidur yang berkualitas. Nah, agar kualitas tidur meningkat selama bulan Ramadan meski jam tidurmu singkat, kamu perlu mencukupi asupan vitamin D. Salah satu makanan yang tinggi akan kandungan vitamin D adalah ikan bakar.

Sayangnya, makan ikan bakar nggak lengkap tanpa kehadiran sambal. Rekomendasi sambal enak bebas minyak untuk dinikmati bersama ikan bakar adalah sambal colo-colo. Sambal ini tak hanya bebas minyak, tapi juga mengandung tomat yang kaya akan air sehingga bisa sekaligus menghidrasi tubuh.

  • Nasi Bakar

Kamu bisa mencoba olahan nasi bakar. Proses memasaknya sangatlah sederhana, tetapi rasanya juara. Nasi gurih, suwiran ayam pedas, dan daun kemangi hanya perlu dibungkus dengan daun pisang, lalu dibakar di atas kompor hingga aromanya keluar.

Meski sederhana, nutrisi nasi bakar tidak main-main, lho. Hidangan ini mengandung karbohidrat, protein, dan serat dalam satu bungkusnya. Daun kemangi dalam nasi bakar juga bisa mencegah infeksi, berkat kemampuannya dalam meningkatkan produksi sel darah putih.

  • Gado-gado

Pecel atau gado-gado juga termasuk makanan untuk berbuka puasa tanpa minyak yang sangat sehat bagi tubuh. Aneka sayur dan bumbu kacang pada hidangan ini bisa menjadi sumber vitamin, mineral, serat, protein, dan karbohidrat sehat yang baik untuk kesehatan tubuh di bulan puasa.

Makanan ini juga cocok bagi kamu yang menjalani diet vegetarian. Agar lebih sehat, hindari makan gado-gado dengan gorengan.

Itulah beberapa makanan untuk berbuka puasa tanpa minyak. Tak hanya lebih sehat, hidangan ini juga tak kalah enak dengan gorengan atau makanan berlemak lainnya.

**