KENDARI – Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Sulawesi Tenggara (Sultra) menerima kunjungan dari Konsulat Jenderal (Konjen) Amerika Serikat pada Kamis (26/10/2023).

Direktur Eksekutif KADIN Sultra, Budi Amin bersama Wakil Ketua Umum Sastra Alamsyah dan Wakil Ketua Umum Bidang Pengembangan Wilayah Sukarni, menerima delegasi yang terdiri dari John MacDaniel dan Adrian Johan tersebut.

Dalam pertemuan tersebut, Kepala Bidang Politik dan Ekonomi Konjen Amerika, John MacDaniel, beserta asistennya, Adrian Johan, memaparkan tujuan kunjungan mereka.

Direktur Eksekutif KADIN Sultra, Budi Amin menjelaskan tujuan utama kedatangan perwakilan Amerika Serikat adalah untuk mengetahui potensi-potensi yang dimiliki oleh Sultra.

Budi mengungkapkan, mereka khususnya tertarik untuk memahami isu-isu terkait pertambangan, lingkungan, dan tenaga kerja di wilayah Bumi Anoa.

“Mereka ingin mengetahui potensi-potensi apa yang ada di Sultra. Mereka juga sengaja berkunjung ke kantor KADIN untuk mengetahui masalah pertambangan di Sultra dan isu lingkungan serta persoalan tenaga kerja,” kata Budi.

Budi menambahkan bahwa Pemerintah Amerika Serikat, melalui Konsulat Jenderal di Surabaya, berkeinginan untuk menjalin kerjasama dengan KADIN Sultra di berbagai sektor, termasuk investasi di bidang pertambangan.

Dia membeberkan, rencananya, bulan depan, Presiden Republik Indonesia akan berkunjung ke Amerika Serikat atas undangan dari Pemerintah AS untuk membahas potensi investasi yang ada di Indonesia, termasuk di Sultra.

“Bulan depan Presiden RI akan berkunjung ke Amerika atas undangan dari Pemerintah AS untuk berbicara mengenai potensi yang ada di Indonesia termasuk di Sultra,” tambah Budi.

*