WAKATOBI – Tanggal 13 Desember, Indonesia memperingati Hari Nusantara. Tahun ini, yang menjadi penyelenggara acara puncak Peringatan Hari Nusantara tahun 2022 adalah Kementerian Investasi/BKPM.

Wakatobi pun didapuk sebagai tuan rumah karena merupakan surga wisata bahari yang menjadi kebanggaan Sulawesi dan telah dikenal dunia sebagai kepingan surga yang nyata.

Penunjukan Wakatobi menjadi tuan rumah tersebut tak lepas dari peran Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia.

Menanggapi hal itu, Anggota DPR RI Dapil Sultra, Hugua menyampaikan apresiasinya. Menurutnya, penunjukan tuan rumah event besar seperti Hari Nusantara merupakan hal yang langka.

“Penempatan Wakatobi sebagai tuan rumah acara nasional itu bukanlah hal mudah. Pasalnya, tak semua daerah bisa mendapatkan momentum itu,” ujar Hugua dalam sambutannya di Marina Togo Mowondu, Selasa (13/12/2022).

“Saya melihatnya adalah sesuatu sangat istimewa. Peristiwa-peristiwa begini kalau digilir secara adil maka Wakatobi mungkin akan mendapat kan giliran 50 tahun kemudian, saya sangat apresiasi kepada Bupati, Gubernur dan terutama Mentri Investasi, Bahlil Lahadalia berdarah Sultra,” sambung Hugua.

Mantan Bupati Wakatobi 2 periode itu, menambahkan event akbar tersebut juga merupakan bagian dari mimpi besarnya untuk menjadikan Wakatobi bisa menjadi pusat perhatian.

“Event semacam itu menjadi penting sebab bagian atensi negara terhadap Kabupaten Wakatobi sehingga semakin baik ke depan terutama perhatian lebih dari kabupaten-kabupaten lain di Indonesia dan saya kira kehadiran banyak pihak, baik dari Kementerian, Gubernur dan Bupati serta Wali Kota ke Wakatobi seluruhnya saya mengucapkan terima kasih,” ungkapnya.

Sehingga, politisi PDIP-P berharap akses transportasi baik laut dan udara perlu ditingkatkan mengingat hal tersebut dapat menunjang dan memudahkan wisatawan yang akan berkunjung ke Wakatobi.

“Kita harus yakin bahwa Kabupaten Wakatobi sangat layak dan menunggu kehadiran wisatawan,” pungkasnya. **