KOLAKA UTARA – Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara (Kolut) Sukanto Toding bersama Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Sulawesi Tenggara (Sultra), Anton Timbang bertemu Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi, di Budi Candra Kediaman Menteri, pada Senin (1/4/2024).

Pertemuan tersebut membahas langkah-langkah percepatan dalam merealisasikan pembangunan Bandara Kolaka Utara, yang dianggap penting sebagai sarana penunjang investasi di Bumi Patowanua.

Dalam pertemuan tersebut, Sukanto Toding yang didampingi Sekretaris Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kolut, Muh. Fadli memaparkan presentasi mengenai pembangunan lokasi bandara kepada Menteri Perhubungan.

”Kami presentasi di hadapan Pak Menteri terkait apa yang sudah dibangun dan dirintis dalam pembangunan lokasi bandara di Kolaka Utara,” ucap Pj Bupati, dikutip dari kolutkab.go.id.

“Kami sangat menyadari pentingnya pembangunan bandara sebagai sarana untuk mendukung investasi di Kolaka Utara. Maka kami mengambil langkah-langkah percepatan untuk mewujudkan pembangunan Bandara Kolaka Utara yang sebelumnya terhenti,” ujar Sukanto Toding.

Pertemuan ini menjadi awal dalam upaya percepatan pembangunan Bandara Kolaka Utara. “Kami berharap bahwa dengan dukungan semua pihak, pembangunan bandara dapat segera terealisasi dan memberikan manfaat besar bagi Kolaka Utara dan wilayah sekitarnya,” tutupnya.

Sementara itu, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menanggapi dengan positif akan pentingnya pembangunan bandara di Kolaka Utara. Seba sebagai salah satu daerah di Bumi Anoa yang masuk kawasan Project Strategis Nasional (PSN), sehingga Bandara sangat dibutuhkan.

“Bandara merupakan infrastruktur vital yang akan mendukung pertumbuhan ekonomi dan investasi di Kolaka Utara,” kata Budi Karya Sumadi.

Ia juga menyanpaikan komitmennya untuk meluncurkan dana awal 2024 dan diupayakan akan ada pekerjaan pendahuluan dan dikerjakan secara multi years serta membuka pola pendanaan partisipasi swasta melalui Public Private Partnership (PPP).

Di tempat yang sama, Ketua Kadin Sultra, Anton Timbang mengekspresikan optimisme terhadap prospek pembangunan bandara di Kabupaten Kolut itu

“Saya yakin bahwa realisasi pembangunan bandara akan mempercepat laju investasi di Kolaka Utara. Dukungan dari sektor swasta sangat penting untuk mempercepat pendanaan dan merealisasikan pembangunan bandara sesuai dengan kebutuhan investasi di daerah ini,” katanya.

Pertemuan tersebut juga menyoroti kesungguhan Pemerintah Daerah Kolaka Utara dan masyarakat setempat dalam mewujudkan pembangunan bandara. Menhub menangkap kesungguhan tersebut dengan baik dan menyatakan optimis terhadap percepatan pembangunan Bandara Kolaka Utara.

**