KOLAKA UTARA – Wakili Provinsi Sulawesi Renggara (Sultra), Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) siap tampil dalam ajang kompetisi tingkat nasional di Surabaya, pada 1 Maret 2024 mendatang.

Pasalnya, kompetisi tingkat nasional ini diikuti 50 kabupaten dan kota dari seluruh Indonesia. Untuk itu, Damkar Kolut bertekad untuk menembus 5 besar setelah sebelumnya berhasil masuk 10 besar.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kolut, M. Syafar, mengatakan bahwa Kolaka Utara secara skill punya potensi bisa bersaing untuk kompetisi nasional.

“Dalam latihan kita sudah melampaui standar nasional dalam berbagai keterampilan seperti hot line, leader packing, dan survival,” paparnya, dikutip dari kolutkab.go.id.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, menyampaikan bahwa eberhasilan ini menunjukkan potensi dan kesiapan Kolaka Utara untuk bersaing secara nasional dalam penanganan kebakaran.

“Kemampuan dasar manusia, baik secara intelektual maupun dalam tim kerja, merupakan hasil dari kerja keras dan kesyukuran kita memiliki SDM yang luar biasa,” ucapnya.

Untuk itu, Sukanto Toding juga menekankan soal partisipasi tim Damkar Kolaka Utara dalam kompetisi ini bukan hanya sekadar mencari prestasi, tetapi juga merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan dalam menghadapi kebakaran di Kolaka Utara ini.

**