KONAWE UTARA – Perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XXX Tingkat Provinsi Sultra tahun 2024 di Kabupaten Konawe Utara resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda), Asrun Lio mewakili Penjabat (Pj) Gubernur Sultra, pada Sabtu malam (22/6/2024).

Iven religi tahunan yang bertema “Melalui MTQ, Wujudkan Sumber Daya Manusia Qur’ani Menuju Sultra Maju, untuk Indonesia Emas 2045” ini diikuti dan dimeriahkan sebanyak 2.946 peserta dari 17 kafilah kabupaten kota se Sultra.

Pasalnya, MTQ menjadi salah satu implementasi program prioritas Pemprov Sultra khususnya meningkatkan kehidupan beragama.

Sambutan Pj Gubenur Sultra yang dibacakan oleh Sekda Asrun Lio, mengungkapkan bahwa MTQ yang ke-30 tahun 2024 tingkat Provinsi Sultra dapat dijadikan sabagai momentum memperkokoh hubungan Ukhuwah Islamiah dan Insaniah yang menjadi fondasi bagi kebersamaan dalam mengemban tanggung jawab sebagai umat islam dalam menjaga dan memelihara pembangunan daerah dengan penuh keberkahan dan kedamaian.

Menurut Asrun Lio, MTQ bukanlah semata ajang perlombaan yang menguji keahlian dalam membaca Al-Qur’an, tapi lebih dari itu merupakan panggung yang memancarkan kecintaan kepada kitab suci yang diamanahkan Allah SWT.

Asrun berharap Bupati dan Walikota memiliki komitmen yang sama untuk menjadikan kegiatan MTQ sebagai salah satu program prioritas di tingkat Kabupaten dan Kota dalam rangka membumikan ajaran nilai nilai ajaran Al-Qur’an.

“Saya menyadari setiap kita memiliki keterbatasan namun saya yakin dengan kesungguhan dan komitmen yang kuat akan terbentang jalan dan solusi untuk menutupi keterbatasan yang kita miliki,” ujarnya.

Sekda Sultra mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Konawe Utara, Kementerian Agama, LPTQ dan panitia penyelengara serta semua pihak yang terkait yang tidak kenal lelah memberikan yang terbaik untuk menyukseskan kegiatan MTQ ini.

Sementara itu, Bupati Konawe Utara Ruksamin mengaku sangat bangga menerima dari 16 kabupaten dan kota yang telah melakukan perjalanan dari arah utara dan selatan melalui laut. Kemudian yang ada di ujung utara yang berbatas dengan Provinsi Sulawesi Tengah.

”Itulah yang kami maksimalkan sebagai rasa bangga saudara kami yang ada di 16 kabupaten dan kota bisa mengunjungi Kabupaten Konawe Utara,” ungkapnya.

Menurut dia, MTQ adalah momentum menguatkan kebersamaan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara khususnya di Provinsi Sultra sesuai dengan tema MTQ ke-30. Sebab Al-Qur’an berfungsi sebagai sumber hukum inspirasi, pedoman hidup.

“Maka tema MTQ tersebut diharapan dapat mengukur motivasi dan keinginan yang kuat untuk meguasai ilmu-ilmu keagamaan yang berkaitan dengan Al-Qur’an, baik melalui jalur pendidikan formal dan maupun informal sehingga dapat mendukung pencapain sultra maju untuk Indonesia emas di masa yang akan datang,” cetusnya.

Diakhir sambutannya, Ruksamin meminta agar jika ada kekurangan dalam pelayanan dan pelaksanaan MTQ di Konut agar disampaikan secara langsung kepada dirimya untuk segera ditangani dan diperbaiki.

**