KENDARI – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memakai baju adat asal Sulawesi Tenggara (Sultra) di upacara HUT RI ke-77 di Istana Negara.

Presiden Jokowi mengenakan baju adat Dolomani yang berasal dari Buton yang biasa digunakan Sultan Buton saat menghadiri acara kesultanan.

Menanggapi hal itu, Gubernur Sultra Ali Mazi menyampaikan banyak terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah berkenan mengenakan baju adat Kesultanan Buton tersebut.

“Saya sebagai gubernur mewakili masyarakat Sultra dan Indonesia mengucapkan banyak terima kasih kepada Presiden atas perkenaannya menggunakan baju adat Buton,” ujar Gubernur Ali Mazi saat ditemui di Rumah Jabatan Gubernur, Rabu (17/8/2022).

Ini merupakan suatu kebanggaan, kesyukuran dan juga suatu penghargaan karena tidak mudah orang nomor satu di Indonesia menggunakan baju khas daerah.

“Jadi setiap tahunnya Presiden Jokowi menggunakan baju adat. Dan hari ini kita lihat sendiri baju khas daerah asal Sultra dikenakan oleh Jokowi ini merupakan suatu kebanggaan,” katanya.

Selain baju adat Buton yang dikenakan Jokowi, dalam upacara peringatan kemerdekaan RI ke-77, juga ada Tari Lumense yang dipentaskan di Istana Negara.

Tari Lumense merupakan tarian khas yang berasal dari Tokotu’a, Kabupaten Bombana.

Dijelaskan Gubernur, bahwa ini merupakan suatu kebanggaan yang tidak mudah dan ini tentu doa dari seluruh masyarakat Sultra dan doa para leluhur.

“Untuk itu mari terus membangun dan melestarikan adat istiadat kebudayaan mulai dari tari-tarian dan pakaian adat kita yang begitu banyak,” pintanya. ***