KENDARI – Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka menerima penghargaan dari Komisi Informasi (KI) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) sebagai salah satu badan publik kategori Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten/Kota terbaik pertama dengan predikat Utama pada ajang Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Tahun 2023, di salah satu hotel di Kendari, pada Senin (11/12) malam.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Sekda Sultra Asrun Lio didampingi Ketua KI Sulta dan Wakil Ketua KI Pusat diberikan kepada Pj. Sekda Kolaka Muh. Bakri yang didampingi Kepala Dinas Kominfo Kolaka I Nyoman Suastika.

Anugerah Keterbukaan Informasi Publik merupakan penganugerahan yang diberikan oleh Komisi Informasi Provinsi, setiap tahunnya kepada badan publik yang menjalankan amanah Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP), berdasarkan Monitoring dan Evaluasi (Monev) KIP.

Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2023 dilaksanakan terhadap tiga badan publik, yaitu E-Monev tingkat OPD lingkup Provinsi Sultra, PPID Kabupaten/Kota, dan PPID Penyelenggara Pemilu.

Penghargaan tersebut diperoleh Kabupaten Kolaka melaui Diskominfo Kolaka setelah dilakukan rangkaian visitasi monitoring dan evaluasi oleh KI Sultra.

Asrun Lio menyampaikan selamat dan terima kasih pada calon peraih Penghargaan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik tahun 2023 atas upaya dan kerja keras badan publik yang telah menjadikan Sultra lebih transparan dan terhubung dengan masyarakat.

Dia juga memberi apresiasi kepada KI Provinsi Sultra atas kerja kerasnya dalam melakukan E-monev Keterbukaan Informasi Publik terhadap seluruh OPD Kabupaten/Kota se- Sultra .

“Kami berharap Keterbukaan Informasi Publik tidak berhenti, tidak cukup pada hal-hal yang sifatnya teknis administratif dan konsep yang prosedural saja. Namun harus bermanfaat, terimplementasikan pada pelayanan yang ada, yang harus dimiliki oleh seluruh Badan Publik di Provinsi Sulawesi Tenggara ini,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua KI Pusat mengapresiasi Pemerintah Provinsi Sultra yang telah berkomitmen untuk memperkuat keterbukaan informasi publik .

“Dengan konsep PPID masyarakat bisa mengakses informasi secara online karena hal ini sudah sangat inklusi. Semoga dengan keterbukaan informasi publik, tata kelola pemerintahan akan semakin baik,” tandasnya.

Hasil E-Monev KI Sultra tahun 2023, tingkat PPID kabupaten/kota se Sultra yaitu terbaik pertama PPID Kabupaten Kolaka, terbaik kedua PPID Kabupaten Bombana dan terbaik ketiga PPID Kota Baubau.

Tingkat OPD lingkup Provinsi Sultra, terbaik tiga Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Provinsi Sultra, terbaik dua yakni RS. Bahteramas Provinsi Sultra dan terbaik satu RS Jantung Oputa Yi Koo.

Tingkat PPID Penyelenggara Pemilu, terbaik tiga yakni Bawaslu Kota Baubau, terbaik dua yakni KPU Provinsi Sultra dan terbaik satu yakni Bawaslu Provinsi Sultra.

**