KENDARI – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulawesi Tenggara (Sultra) akan mengirim komoditas kopra ke Provinsi Jawa Timur (Jatim) pada Minggu, 4 September 2022.

Wakil Ketua Kadin Sultra, Sastra Alamsyah menjelaskan, pengiriman kali kedua ini, dua perusahaan yakni CV Indah Mega Utama dan CV Navyra Nadira IB, perusahaan binaan Kadin Sultra, yang akan mengirimkan kopra sebesar 28 ton, dengan nilai Rp 266 juta.

“Melanjutkan misi dagang dari Kadin Jawa Timur, dimana dari Kadin Jatim terdapat beberapa distributor akan mengirim ke Sultra. Jenis barang yang akan dikirim yaitu konstruksi baja dari Surabaya,” ungkap Sastra, Sabtu (3/9/2022).

Alamsyah menjelaskan pengiriman komoditas perkebunan merupakan tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) Misi Dagang yang dibangun antara Kadin Sultra dan Kadin Jatim yang telah diteken pada 23 Juni 2022 lalu.

“Pengiriman perdana komoditas ini merupakan permintaan khusus Pemerintah Provinsi Jatim. Sebelumnya pada tahap pertama, telah dilakukan pengiriman sebanyak satu kontainer dengan berat 14 ton,” jelasnya.

Dalam pengiriman komoditas tersebut, dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan ekonomi masyarakat Sultra dan Jatim terkhusus di sektor perkebunan.

“Kedepannya, bukan hanya komoditas perkebunan, pengiriman ini akan meliput berbagai sektor mulai dari perikanan, pertanian dan lainnya,” pungkasnya.