KONAWE SELATAN – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) menggelar pasar murah, bertempat di Pasar Kelurahan Palangga, Kecamatan Palangga, Rabu (21/12/2022).

Hal itu dilakukan guna menekan inflasi serta menjaga stabilitas harga barang kebutuhan pokok menjelang perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Wakil Bupati Konsel, Rasyid saat membuka kegiatan mengatakan pasar murah itu diutamakan bagi masyarakat Konsel yang belum pernah tersentuh bantuan sosial pemerintah pusat. Seperti BLT DD, BPNT dan bantuan lainnya.

“Jadi pasar murah ini diperuntukan bagi warga yang tidak pernah tersentuh bantuan,” kata Rasyid.

Olehnya itu Wabup berharap, dengan adanya pasar murah dapat mengurangi beban masyarakat, serta dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Dirinya memastikan pemerintah akan tetap mendampingi pemulihan ekonomi masyarakat.

“Harapannya agar angka inflasi di Konawe Selatan ini tidak lebih tinggi dari pusat. Dan kami juga akan tetap mendampingi pemulihan ekonomi masyarakat dengan mengadakan acara pasar murah bersubsidi,” imbuh Rasyid.

Sementara itu, Asisten II Setda Konsel yang juga selaku Ketua Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), Sahlul menjelaskan pasar murah bakal dilaksanakan di 10 titik di wilayah Konsel.

“Kegiatan pasar murah dibuka hari ini dan akan berakhir sebelum tanggal 1 Januari tahun 2023,” katanya.

Selain menekan inflasi, lanjut Sahlul, kegiatan pasar murah itu dilaksanakan pasca kenaikan BBM.

Mantan Kepala BKAD Konsel ini menyebut bahan pokok yang dijual dalam pasar murah itu, yakni beras, minyak goreng, terigu, mie instan, telur, dan susu kental manis.

Dengan melibatkan distributor seperti Indomaret, PT Wings dan penggilingan padi masyarakat dengan memberikan subsidi dari perusahaan sebesar 30 persen dari harga barang dan Pemda memberikan subsidi 70 persen melalui dana DID.

Kadis Perindag Konsel Saribana menambahkan, kegiatan pasar murah ke depan bakal digelar di balai-balai desa. Untuk titik pasar murah kita akan melihat wilayah-wilayah dengan skala prioritas. Harga bahan pokok di pasaran hingga saat ini masih terpantau stabil.

“Alhamdulillah harga bahan pokok dipasaran belum ada yang menunjukkan kenaikan,” tambahnya.

Untuk diketahui, kegiatan pasar murah tersebut turut hadiri Ketua Tim Penggerak PKK Konsel Nurlin Surunuddin, Kadis Pariwisata Adiwarsyah Toar, Kepala Bapenda Nisbanurrahim, Inspektur Daerah Narlian, Camat Palangga serta seluruh Kepala Desa se-Kecamatan Palangga. **