KENDARI – Memperingati Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia (RI), Yayasan Pendidikan Al Qalam Kendari melaksanakan upacara bendera secara terpadu di lapangan sekolah setempat pada Kamis (17/8/2023).

Ratusan siswa-siswi yayasan mulai dari tingkat TK, SD, SMP hingga SMA Islam Terpadu Al Qalam Kendari ikut berbaris dalam upacara tersebut.

Selain itu, turut hadir para dewan guru, pimpinan kepala sekolah, termasuk juga para dewan pembina maupun pengawas yayasan.

Danden Bekang XIV-44-3A Kendari Letkol. CBA. H. Alimuddin didapuk sebagai pembina upacara.

Dalam pesan amanahnya, Alimuddin menyampaikan tentang makna kemerdekaan dalam pendidikan sebagaimana yang pula tertuang dalam arahan kemendikbud bahwa merdeka dalam pendidikan bermakna merdeka belajar.

“Diharapkan para anak didik tidak perlu lagi merasa terbatas ruang maupun waktu untuk mengakses berbagai informasi dan ilmu pengetahuan. Dalam hal ini, kurikulum merdeka telah menjembatani pemecahan solusi belajar terlebih dengan adanya pengalaman pandemi di tahun-tahun sebelumnya,” ujar Alimuddin.

Dia juga menyampaikan kurikulum merdeka belajar telah tepat tersampaikan dan terealisasi ke semua jenjang satuan pendidikan.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pendidikan Al Qalam Kendari, Erni Qomariyah mememberikan apresiasi kepada para panitia yang telah menyukseskan dilaksanakan upacara bendera tahun ini.

“Saya berterimakasih sekali atas terselenggaranya event upacara ini. Alhamdulillah dapat berjalan lancar dan penuh khidmat,” kata Erni.

“Bagi kami acara seperti ini adalah ajang yang penting untuk mengajarkan generasi muda dalam hal ini para anak didik kami yang bersekolah di Sekolah Islam Terpadu Al Qalam Kendari tentang arti pentingnya kemerdekaan, perjuangan, kesabaran, keuletan, kegigihan dan paling penting lagi adalah kesyukuran diri kepada Allah ‘Azza wa Jalla yang telah menganugerahkan kemerdekaan bagi bangsa ini, ” pungkasnya.

***