KONAWE SELATAN – Jalan poros perhubungan Kota Kendari-Konawe Selatan (Konsel) di Desa Laeya, Kecamatan Laeya, amblas setengah badan jalan pada Jumat (5/5/2023).

Akibatnya, akses lalu lintas di lokasi tersebut terputus dan tidak dapat dilalui untuk kendaraan roda empat.

Dilokasi jalan amblas tersebut, oleh Satlantas Polres Konsel kini telah dipasangi police line sebagai garis peringatan bagi pengendara untuk berhati-hati ketika melintasi jalan tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Konsel, Budi Yuliarto Silondae menjelaskan, amblasnya jalan di Desa Laeya itu disebabkan hujan deras yang mengguyur sepanjang malam.

Budi mengimbau pengendara roda dua dan roda empat yang dari arah Kendari menuju Konsel dan Bombana dan sebaliknya agar berhati-hati ketika melewati jalur tersebut.

Menurut dia, jalur tersebut masih dapat dilewati, kendaraan roda dua maupun roda empat dengan catatan tidak saling berlawanan arah.

Sementara bagi pengguna kendaraan yang memuat barang atau material, jangan melebihi kapasitas. Takutnya akan memperparah kondisi jalan.

“Kondisinya longsor pada bahu (badan) jalan di Gunung Abari, Desa Laeya. Kita imbau agar kendaraan roda dua maupun roda empat berhati-hati,” ujar Budi saat dihubungi awak media, Jumat (5/5/2023).

Pihaknya belum dapat memastikan soal akan dilakukannya rekayasa lalulintas atau pengalihan arus, mengingat jalan alternatif yang ada cukup jauh untuk ditempuh.

“Paling kami dan pihak Satlantas Polres Konsel menerapkan sistim buka tutup, supaya tidak menimbulkan kemacetan,” pungkasnya. **