KONAWE KEPULAUAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep) melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Konkep mengadakan orientasi Massive Open Online Course (MOOC) bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Orientasi itu diikuti sebanyak 346 peserta dan resmi dibuka oleh Sekertaris Badan (Sekban) BKPSDM Asmar A. Pamana, pada Senin (18/12/2023) kemarin.

Rencananya, orientasi MOOC akan berlangsung selama 15 hari, mulai 21 Desember 2023 sampai dengan 4 Januari 2024.

MOOC merupakan program orientasi daring berbentuk kursus yang dilaksanakan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN). Dimana sertifikatnya bisa menjadi salah satu syarat perpanjangan kontrak PPPK.

Sekertaris Badan (Sekban) BKPSDM Asmar A. Pamana mengatakan selama orientasi peserta PPPK akan diberikan materi lewat aplikasi secara daring selama 15 hari. Setelah itu kemudian akan dievaluasi.

“Jika peserta tidak memenuhi standar nilai 70.1, maka peserta akan melaksanakan remedial yang diberikan waktu selama 30 hari,” jelasnya.

Lebih lanjut, Asmar mengharapkan agar seluruh PPPK yang menjadi peserta dalam orientasi ini dapat mengikuti kegiatan dengan baik dan disiplin. “Kami berharap semua peserta bisa lulus,” harapnya.

Sementara itu, salah satu peserta orientasi MOOC Amal Rezki Fauzy menuturkan bahwa orientasi ini sama dengan Pelatihan Dasar (Latsar) untuk CPNS. Sama dengan PPPK ini, dimana pelatihannya dalam bentuk MOOC.

“Untuk saya yang mungkin bisa mewakili teman-teman PPPK khususnya Guru, ini sangat bermanfaat untuk pengembangan SDM sebagai tenaga pendidik,” ucap Amal.

“Harapannya MOOC ini berjalan lancar tanpa ada kendala terutama persoalan jaringan atau server, karena ini kali pertama saya mengikuti MOOC,” tandasnya.

**