KOLAKA – Penjabat (Pj) Bupati Kolaka diwakili Asisten III Kabupaten Kolaka Hj. Andi Wahidah membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan, dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Kolaka tahun 2025 di Kecamatan Samaturu, pada Senin (22/1/2024).

Musrenbang ini mengusung tema “Peningkatan Daya Saing SDM, Kualitas Infrastruktur dan Pertumbuhan Ekonomi yang Berkelanjutan”.

Selain itu, arahan Presiden juga menjadi pembahasan utama, diantaranya adalah pengedalian inflasi dan penanggulangan kemiskinan ekstrem.

Andi Wahidah menjelaskan bahwa Musrenbang Kecamatan ini merupakan bagian dari proses perencanaan pembangunan yang sedang disusun untuk tahun 2025 mendatang.

Ia juga menekankan soal delapan arahan Presiden untuk tahun 2024. “Ada 8 arahan presiden diantaranya pengendalian inflasi, di provinsi, Kota Kendari dan Kabupaten Kolaka mencapai 2,61 persen. Selanjutnya penurunan kemiskinan ekstrim di tingkat provinsi 27,7 persen dan Kabupaten Kolaka 22,6 persen. Sedangkan target kita pada 2024 adalah 14,25 persen,” jelasnya.

Andi Wahidah menyampaikan sejumlah agenda penting untuk segera dilaksanakan. Diantaranya pelaksanaan Pemilu 2024, menghadapi cuaca ekstrem, mendirikan posko bencana, menjaga kebersihan lingkungan untuk menghindari ancaman kesehatan khususnya DBD, menjaga ketersediaan dan distribusi pangan.

“Kami yakin dengan kesamaan niat untuk bersinergi membangun daerah ini, tentunya menjadi salah satu faktor yang mendorong kita untuk hadir pada forum ini,” pungkas Andi Wahidah.

Turut hadir dalam Musrembang Kecamatan, Ketua DPRD Syaifullah Halik, para kepala OPD, Camat Samaturu beserta jajaran dan masyarakat setempat.

**