KOLAKA – Penjabat (Pj) Bupati Kolaka, Andi Makkawaru pimpin rapat konsolidasi Tim Penanggulangan Inflasi Daerah (TPID) guna mengharmonisasi seluruh bentuk kegiatan TPID Kabupaten Kolaka tahun 2024, pada Jumat (19/1).

Pasalnya, BPS Sultra menetapkan Kabupaten Kolaka sebagai Sister City dengan mengacu kepada Indeks Harga Konsumen (IHK) mulai Januari 2024.

Rapat TPID ini juga dihadiri oleh Asisten II, H. Abbas dan seluruh Kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka.

Asisten II menjelaskan bahwa penilaian inflasi Kabupaten Kolaka 2023 masih mengacu ke Sister City Kota Kendari dalam perhitungan inflasi. Untuk tahun ini, BPS Sultra menetapkan ibu kota Kabupaten Kolaka sebagai Sister City dengan mengacu kepada IHK yang diukur angka inflasinya mulai Januari.

“Kabupaten Kolaka sejauh ini telah mengikuti semua arahan Kementerian Dalam Negeri dalam upaya pengendalian inflasi. Mulai dari mengadakan rapat koordinasi bersama TPID, melakukan pemantauan harga, pengadaan pasar murah, pembagian bansos dalam bentuk sembako, dan juga sidak untuk melihat ketersediaan barang kebutuhan masyarakat agar tidak terjadi kelangkaan,” tukas Abbas

Sementara itu, Pj. Bupati Kolaka memintaj semua stakeholder dan komponen masyarakat dapat saling bersinergi untuk mengendalikan inflasi di daerah tersebut.

“Harapan saya, semoga inflasi di Kabupaten Kolaka terkendali dan selalu dalam batas kewajaran, sehingga perlu upaya-upaya dari semua stakeholder dan komponen masyarakat untuk saling bersinergi mengendalikan inflasi ini,” tutup Andi Makkawaru.

**