KOLAKA UTARA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut) kini tengah mempersiapkan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-20. Rencananya, hari jadi daerah itu akan digelar pada 4 hingga 7 Januari 2024 mendatang.

Puncak acara akan diawali Upacara peringatan HUT Kolaka Utara. Lalu kemudian akan dilanjutkan dengan festival cokelat yang melibatkan pameran UMKM. Selain itu juga akan ada jalan santai, lomba, serta kegiatan membangkitkan minat bertani dan mengonsumsi cokelat. Agenda acara juga mencakup FGD dan malam kesenian, dengan highlight peluncuran rekor MURI dalam memakan cokelat.

Bukan itu saja, akan ada juga serangkaian lomba dan upacara penyerahan bantuan kepada warga kurang mampu dan festival kuliner non beras.

Memastikan kesiapan tersebut, belum lama ini Penjabat (Pj) Bupati Kolut Sukanto Toding, melakukan kunjungan ke lokasi Alun-alun Kota Lasusua, yang menjadi pusat kegiatan perayaan HUT ke-20 Kolut. Pj Bupati memberikan arahan dan dorongan untuk mempersiapkan lokasi tersebut sebelum dimulainya rangkaian acara perayaan.

“Dalam menyambut Hari Ulang Tahun Kolaka Utara yang ke-20, kami telah menginstruksikan tim kami untuk memastikan bahwa semua persiapan dan perencanaan acara berjalan dengan lancar. Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa setiap detail, mulai dari infrastruktur hingga keamanan dan kenyamanan pengunjung, telah dipersiapkan dengan baik,” ucapnya.

Dia berharap perayaan hari istimewa Bumi Patowanua tidak hanya menjadi momen untuk merayakan hari jadi Kolut saja, akan tetapi juga untuk memandang masa depan yang lebih cerah dengan berbagai program pembanguna.

“Kami mengundang seluruh masyarakat untuk bergabung dalam perayaan ini, menjalin kebersamaan, dan merayakan hari jadi serta menikmati kekayaan budaya yang dimiliki oleh Kolaka Utara,” tutup Sukanto Toding.

**