BUTON – Pengurus Dekranasda Kabupaten Buton yang dikomandoi Deisy Natalia Rompas Basiran melakukan kunjungan ke pengrajin di Kecamatan Wabula dan Kecamatan Wolowa.

Kunjungan di dua kecamatan itu merupakan kunjungan perdana Dekranasda Kabupaten Buton usai dilantik tanggal 27 Januari 2023 lalu oleh Pj Bupati Buton.

Kunjungan dimulai dengan bertatap muka langsung dengan para pengrajin tikar anyaman daun pandan di Desa Wasampela, Kecamatan Wabula.

Kemudian rombongan bergerak ke Desa Wabula, untuk mengunjungi tempat penenun kain tenunan Buton. Rombongan juga singgah ke sentra industri hasil olahan ikan di Desa Koholimombono Kecamatan Wabula.

Dalam kunjungan tersebut, Deisy Natalia nampak berbincang dan mendengar aspirasi para pengrajin secara langsung.

Dalam keterangannya di sela-sela peninjauan, Ketua Dekranasda Kabupaten Buton, menyampaikan kedatangan rombongan Dekranasda di Wabula untuk mengetahui kebutuhan para pengrajin, agar dapat meningkatkan produksi dan kesejahteraannya.

“Kunjungan ini untuk melihat para pengrajin, supaya kita bisa tahu apa yang mereka butuhkan, agar bisa difasilitasi kedepannya untuk meningkatkan produksi dan kesejahteraan mereka,” ujannya seperti dilansir dari laman resmi Kominfo Buton..

Setelah mengunjungi Kecamatan Wabula, dilanjutkan ke Kecamatan Wolowa, Desa Kaumbu. Di tempat ini Ketua Dekranasda Kabupaten Buton menyaksikan proses pembuatan kerajinan anyaman Nentu dan dilanjutkan ke Desa Wolowa Baru lokasi kerajinan anyaman bambu dan rotan.

Di dua desa tersebut tampak juga Deisy Natalia berdiskusi dan mendengar aspirasi para pengrajin.

Dirinya menyebut terdapat beberapa keluhan yang sudah dicatat dan mayoritas terkait pemodalan, pemasaran, dan hak paten atau HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) agar hasil karya pengrajin tidak diklaim oleh pihak lain.

“Mayoritas keluhan dari pengrajin adalah dana dan promosinya, dengan masalah hak paten juga, yang sudah kami koordinasikan dengan Dirjen HAKI Kemenkumham dan akan ditindaklanjuti dalam waktu dekat,” jelasnya.

Di akhir keterangannya, Ia menyampaikan kunjungan ini akan segera ditindaklanjuti. Salah satunya pemanfaatan kerajinan daerah di instansi pemerintah dengan bertemu instansi terkait dan melaporkan ke Pj Bupati Buton.

“Setelah kegiatan ini akan kami buat laporan lalu bertemu dengan OPD terkait dan akan dikoordinasikan kepada Pj. Bupati untuk menindaklanjuti hasil kunjungan ini. Salah satunya pemanfaatan kerajinan daerah untuk digunakan di instansi pemerintah,” tutupnya.

Kunjungan kerja Dekranasda ini dijadwalkan akan berlanjut di Kecamatan lainnya. **