BOMBANA – Satuan Polisi Pamong Praja Linmas dan Damkar Kabupaten Bombana menguji coba alat baru berupa pompa portable di halaman Kantor Bupati Bombana, Jumat (12/1/2024).

Kegiatan ini disaksikan langsung oleh Pj Bupati Bombana, menunjukkan keseriusan pemerintah dalam meningkatkan kesiapsiagaan dan efisiensi dalam penanggulangan bencana khususnya kebakaran.

Pompa Portable adalah bantuan dari Kemendagri yang diserahkan dalam upaya untuk memperkuat kemampuan dan kesiapsiagaan pihak Satpol PP, Linmas, dan Damkar dalam mengatasi berbagai situasi darurat, terutama dalam penanggulangan kebakaran dan penanganan bencana di wilayah Bombana.

Uji coba ini diadakan untuk memastikan bahwa pompa portable dapat beroperasi dengan baik dan efisien dalam mengatasi kendala-kendala teknis yang mungkin timbul saat digunakan di lapangan.

Tim dari Satpol PP Linmas dan Damkar telah diberikan pelatihan khusus terkait dengan penggunaan dan pemeliharaan Pompa Portable agar mereka dapat mengoperasikannya dengan maksimal.

Pj Bupati Bombana, Edi Suharmanto menyampaikan apresiasi dan dukungan penuh terhadap inisiatif ini.

Dirinya menegaskan pentingnya memiliki peralatan yang handal dan mutakhir dalam menjaga keamanan dan kesejahteraan masyarakat Bombana.

Kepala Satpol PP Linmas dan Damkar Bombana, Rusman mengatakan pihaknya sangat berterima kasih atas apresiasi inisiatif dari Kemendagri yang memberikan alat modern ini.

“Pompa potable ini akan menjadi aset berharga bagi kami, terutama dalam situasi darurat seperti kebakaran. Dengan kemampuan portabelnya, kami dapat dengan mudah mengalirkan air ke area yang sulit dijangkau, meningkatkan efektivitas operasional kami,” ujarnya.

Uji coba pompa portable ini juga menjadi momen untuk mengingatkan masyarakat tentang pentingnya partisipasi aktif dalam upaya pencegahan bencana dan kebakaran.

Semua pihak diimbau untuk selalu meningkatkan pemahaman dan kewaspadaan terhadap risiko-risiko yang mungkin timbul, serta bersedia bekerja sama dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban bersama.

Kabid Damkar Waridin juga mengatakan dengan adanya pompa portable bantuan dari Kemendagri untuk Damkar Bombana sangat menambah kekuatan peralatan yang ada.

“Disamping itu kami juga sangat mengharapkan bantuan seperti ini untuk wilayah-wilayah daerah Bombana yang terpencil,” jelasnya.

**