KENDARI  Presiden Joko Widodo (Jokowi) diagendakan bakal berkunjung kembali ke Kota Kendari dan Wakatobi pada 13 Desember 2022 mendatang.

Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Sulawesi Tenggara (Sultra), Asrun Lio mengatakan, kunjungan Presiden Jokowi ke Sultra kali ini dalam rangka memperingati Hari Nusantara 2022.

“Kunjungannya (Presiden Jokowi) dalam rangka peringatan Hari Nusantara 2022 yang diperingati di Wakatobi,” bilang Asrun di Kendari, Senin (5/12/2022).

Selain agenda peringatan Hari Nusantara 2022, lanjut Asrun, kunjungan Presiden RI ke-7 ini diagendakan untuk meresmikan tiga mega proyek Pemprov Sultra.

Tiga mega proyek tersebut diantaranya, Jalan Wisata Kendari-Toronipa; Perpustakaan Bertaraf Internasional; dan Rumah Sakit Jantung, Pembuluh Darah, dan Otak Oputa Yi Koo.

Asrun menyebutkan pihaknya saat ini tengah berkoordinasi untuk meminta kesediaan Presiden Jokowi untuk meresmikan tiga mega proyek tersebut.

“Jadi dilaporkan dulu ke Presiden karena ini kunjungan Hari Nusantara. Tapi kita harap tiga proyek itu bisa diresmikan langsung dengan Presiden,” kata Asrun.

Diketahui sebelumnya, Presiden Joko Widodo tercatat telah beberapa kali berkunjung ke Sultra, sebut saja seperti agenda peresmian Jembatan Teluk Kendari, membuka Munas KADIN di Kota Kendari, membuka pelaksanaan Gugus Tugas Reforma Agraria atau GTRA Summit 2022 di Kabupaten Wakatobi, ataupun kunjungan kerja ke pusat potensi aspal alam di Kabupaten Buton. **