KENDARI – Kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Sulawesi Tenggara (Sultra) disambut oleh Pj Gubernur Andap Budhi Revianto, pada Minggu (12/5/2024).

Presiden RI beserta Rombongan tiba di Pangkalan Udara TNI AU Haluoleo sekira pukul 16.19 Wita setelah sebelumnya sekitar pukul 13.00 WIB lepas landas dari Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Pada malam harinya, orang nomor satu di tanah air itu menyapa warga Kota Kendari di pusat perbelanjaan The Park Kendari.

Kehadiran Presiden Jokowi mengejutkan banyak pengunjung yang sedang menikmati waktu mereka di pusat perbelanjaan tersebut.

“Pak Jokowi! Pak Jokowi! Pak Jokowi!” teriakan warga membahana saat Presiden tiba di pintu mal seperti dikutip dari laman Pemprov Sultra.

Alea, salah satu pengunjung yang beruntung, mengatakan bahwa dirinya dan teman-temannya tidak mengetahui akan kedatangan Presiden sebelumnya. Bersama ketiga temannya, Ratu, Zahra, dan Cahaya, ia awalnya hanya berniat menonton film di bioskop.

“Kita kaget ternyata (Presiden Jokowi) mau datang,” ujar Alea, yang juga sempat berfoto dengan Presiden. “Baru kali ini kita dapat (foto) Pak Jokowi,” tambahnya dengan girang.

Seorang pengunjung lain, Tanjung, mengungkapkan kebahagiaan dan harapannya terhadap pendidikan inklusi di Indonesia.

“Saya teriak paling keras, saya harus cari perhatian supaya Bapak bisa melihat saya,” kata Tanjung, yang juga terharu bisa berinteraksi langsung dengan Presiden.

Ia berharap pemerintah bisa lebih mendukung pendidikan swasta, khususnya dalam pembangunan infrastruktur dasar.

Kiki, pengunjung lain yang membawa tiga anaknya, berbagi kesan positif tentang sosok Presiden. Ia juga memuji kerendahan hati Presiden.

“Pak Jokowi itu humble banget orangnya. Dia enggak memandang ini orang siapa, tetap saja diambil HP kita, foto. Kalaupun ada yang jelek hasilnya difoto ulang lagi sama Bapak,” ujar Kiki.

Ia pun berterima kasih atas kinerja Presiden Jokowi selama menjabat. Menurutnya, banyak program pemerintah Presiden Jokowi yang telah dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat.

“Kami sebagai warga sudah merasakan apa yang Bapak programkan dan memang kerjanya Bapak itu nyata. Terima kasih untuk kerjanya selama ini. Semoga Bapak panjang umur, sehat selalu, dan Tuhan berkati,” tutupnya.

Selain menyapa warga, Presiden Jokowi juga santap malam nasi goreng di sebuah restoran lokal. Presiden Jokowi tampak ditemani Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Pj. Gubernur Sulawesi Tenggara Andap Budhi Revianto, dan Pj. Wali Kota Kendari Muhammad Yusup.

Kunjungan ini menjadi simbol kehangatan dan kedekatan Presiden Jokowi dengan masyarakat, serta menunjukkan komitmennya dalam mendengarkan langsung aspirasi dan harapan rakyat.

**