KENDARI – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra, Asrun Lio menyampaikan tiga arahan untuk seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra.

Hal itu disampaikan Sekda Sultra saat memimpin apel gabungan di hari kedua Ramadhan 1445 H/2024 M, di Teras Halaman Kantor Gubernur Sultra, pada Rabu (13/3/2024).

Hadir dalam Apel Gabungan tersebut, Para Kepala OPD, Para Sekretaris Dinas, Para Kepala Bidang, Pejabat Fungsional dan seluruh Staf Pemprov Sultra.

Sekda menyampaikan sejumlah arahan dari pimpinan dalam hal ini Pj Gubernur Sultra terkait dengan kondisi saat ini. Pertama, mengingatkan kepada seluruh ASN terkait laporan BMKG, bahwa puncak hujan berada pada Maret dan April.

“Sehingga kita harus waspada terhadap curah hujan yang tinggi dan kantor-kantor kita menjadi langganan banjir untuk dirapikan dokumen-dokumennya,” ucap Asrun Lio dikutip dari laman PPID Utama Sultra.

Selanjutnya, mengingatkan terkait pemberian bantuan kepada warga masyarakat Kota Kendari yang terdampak banjir. “Saudara-saudara kita mengalami musibah banjir ini yaitu Kampung Salo, Lasolo dan beberapa titik-titik yang lain. Saat ini mereka sangkat membutuhkan bantuan dari kita,” imbuhnya.

Sekda menuturkan bahwa dalam 3 hari berturut-turut, Pj Gubernur bersama Salpol PP, Dinas PUPR, mahasiswa, Masyarakat membantu untuk membersihkan jalan-jalan akses yang masuk di Kampung Salo.

“Kita juga kerahkan alat berat dan truk. Nanti akan dilihat kondisinya, paling tidak mengoperasikan truk-truk yang pengumpul sampah dan akan membawanya di pembuangan akhir sampah,” kata Sekda.

Selain itu, jenderal ASN Pemprov Sultra itu juga mengingatkan data non ASN agar segera dilengkapi. Non ASN ini akan dituntaskan sampai Desember 2024 supaya surat Keputusan Gubernur berkelanjutan tidak terhenti.

Terakhir, meminta Dinas Sosial Sultra untuk terus mengumpulkan pakaian yang layak pakai untuk diberikan kepada korban banjir di Kendari.

“Pada saat pemberian bangian sosial, saya langsung ketemu camatnya sehingga melaporkan jumlah yang terkena banjir, ada juga bantuan yang tidak diperlukan oleh kecamatan tertentu yaitu Abeli tidak memerlukan pakaian, sehingga pakaian kita drop ke Kampung Salo,” ujar Sekda Sultra.

“Awal puasa ini kita jadikan semua tindakan-tindakan yang bermanfaat dan juga mendapatkan pahala dari Allah SWT karena pahalanya dilipat gandakan. Sehingga kita semua berlomba-lomba untuk mendapatkan kebaikan di bulan Suci Ramadhan ini,” tutupnya.

**