HaloSultra.com – Panu disebabkan oleh infeksi jamur Malassezia furfur. Jamur ini normalnya hidup di kulit yang banyak memproduksi minyak.

Panu akan membuat kulit menjadi kering, bersisik, gatal, dan berwarna lebih terang daripada kulit di sekitarnya. Kebanyakan panu timbul di punggung, dada, dan perut. Namun, tidak jarang juga panu timbul di wajah.

Guna mengatasi kondisi tersebut, ada beberapa cara menghilangkan panu di wajah yang dapat dilakukan, mulai dari penggunaan bahan alami hingga krim atau gel antijamur.

Dilansir dari Alodokter, berikut ini cara menghilangkan panu di wajah, yaitu:

  • Madu

Sebuah penelitian mengemukakan bahwa madu dapat meringankan gejala panu. Manfaat tersebut diperoleh karena madu memiliki sifat antibakteri dan antijamur sehingga mampu menghambat pertumbuhan jamur penyebab panu.

Untuk menerapkan cara menghilangkan panu di wajah ini, Anda dapat mengoleskan campuran larutan madu dan minyak zaitun ke wajah.

  • Lidah Buaya

Lidah buaya juga dapat menjadi salah satu cara menghilangkan panu di wajah dengan menghambat pertumbuhan jamur Malassezia. Manfaat ini diperoleh dari kandungan saponin dan acemannan dalam lidah buaya yang bersifat antijamur.

Untuk menggunakan lidah buaya sebagai cara menghilangkan panu di wajah, Anda perlu mencuci bersih lidah buaya terlebih dahulu. Lalu ambil daging buahnya, haluskan, dan oleskan secara merata ke wajah.

  • Kunyit

Ekstrak kunyit juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan panu di wajah karena tanaman rimpang ini bersifat antibakteri dan antijamur.

Kunyit juga mengandung minyak atsiri dan kurkumin yang berperan dalam menghambat pertumbuhan jamur. Tidak hanya itu, ekstrak kunyit juga dapat mengurangi gatal dan meratakan warna kulit.

Anda dapat membuat masker dari ekstrak atau bubuk kunyit. Caranya adalah campurkan bubuk atau ekstrak kunyit dengan air hingga mengental seperti selai, kemudian oleskanlah secara merata ke kulit wajah.

  • Minyak Kelapa

Minyak kelapa sudah dikenal akan ragam manfaat baiknya untuk kesehatan, salah satunya mengatasi infeksi jamur. Oleh karena itu, mengoleskan minyak kelapa juga bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan panu di wajah Anda.

Anda bisa langsung mengoleskan minyak kelapa murni ke area kulit yang berpanu untuk menghambat pertumbuhan jamur sekaligus melembapkan kulit.

  • Cuka Apel

Cara menghilangkan panu di wajah yang berikutnya adalah dengan menggunakan larutan cuka apel. Bahan ini sering kali digunakan untuk merawat kulit dan melawan jamur Malassezia.

Untuk mengatasi infeksi jamur, Anda bisa melarutkan 1 sendok makan cuka apel ke dalam segelas air. Celupkan kapas ke dalam larutan cuka dan oleskan dulu pada tangan. Jika tidak menimbulkan gejala iritasi, Anda bisa mengoleskannya ke wajah yang berpanu.

Pastikan untuk selalu melarutkan cuka apel dengan air sebelum dioleskan ke wajah. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan cuka apel untuk kulit berpanu masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitas dan kemungkinan efek sampingnya.

  • Obat Antijamur

Anda juga bisa menggunakan obat antijamur dalam sediaan krim atau gel yang dijual bebas sebagai cara menghilangkan panu di wajah. Obat ini biasanya lebih efektif jika panu masih tergolong ringan dan baru saja timbul di wajah.

Beberapa obat panu yang dijual bebas dan bisa Anda dapatkan di apotek adalah krim miconazole, krim clotrimazole, dan krim terbinafine.

Pastikan wajah Anda sudah bersih dan kering sebelum menggunakan obat antijamur. Lalu oleskan krim tipis-tipis ke wajah sebanyak 1–2 kali sehari selama 2 minggu, atau sesuai dengan petunjuk yang tertera pada label kemasan.

Perlu diingat bahwa wanita hamil yang menderita panu harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan obat antijamur maupun bahan alami sebagai cara menghilangkan panu di wajah.

**