HaloSultra.com – Berat badan yang naik tiba-tiba dapat menjadi perhatian bagi banyak orang.

Penyebabnya bervariasi dan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor.

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa penyebab umum berat badan naik tiba-tiba seperti dikutip healths hots.

  • Sindrom Ovarium Polikistik

Sindrom ovarium polikistik adalah kelainan hormonal yang menyerang individu dengan ovarium. Hal ini dapat menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur atau tidak teratur, kemandulan, jerawat, pertumbuhan rambut berlebih, dan penambahan berat badan.

Sindrom ovarium polikistik mengganggu keseimbangan hormonal dalam tubuh Anda dan menyebabkan perubahan metabolisme, yang menyebabkan resistensi insulin, meningkatkan penyimpanan lemak, dan meningkatkan rasa lapar. Hal ini dapat mengakibatkan indeks massa tubuh lebih tinggi dan kesulitan menurunkan berat badan.

  • Stres

Stres, baik akut maupun kronis, dapat menyebabkan penambahan berat badan secara tiba-tiba. Saat Anda stres, tubuh Anda memproduksi kortisol, hormon stres yang dapat meningkatkan nafsu makan dan mengidam makanan berkalori tinggi yang menenangkan.

Stres dan kecemasan dapat memicu perubahan pola makan dan merangsang produksi hormon stres seperti kortisol, yang dapat memengaruhi penimbunan lemak di area perut.

  • Hipotiroidisme

Hipotiroidisme adalah kondisi, di mana kelenjar tiroid tidak memproduksi cukup hormon tiroid, dapat menyebabkan penambahan berat badan secara tiba-tiba. Hormon tiroid memainkan peran penting dalam mengatur metabolisme.

  • Menopause

Menopause merupakan bagian alami dari proses penuaan pada wanita. Hal ini sering dikaitkan dengan penambahan berat badan karena selama menopause, ketidakseimbangan hormon, terutama penurunan kadar estrogen, sering terjadi.

  • Kurang tidur

Tidur sangat penting untuk menjaga berat badan yang sehat. Kurang tidur secara terus-menerus dapat mengganggu keseimbangan hormonal tubuh, terutama hormon yang mengatur nafsu makan dan metabolisme.

  • Penggunaan Obat-obatan

Obat-obatan tertentu, seperti antidepresan dan steroid, dapat menyebabkan penambahan berat badan secara tiba-tiba.

Antidepresan, khususnya inhibitor reuptake serotonin selektif (SSRI), dapat menyebabkan peningkatan nafsu makan dan berkurangnya kemampuan untuk merasa kenyang, yang dapat menyebabkan makan berlebihan dan penambahan berat badan. Steroid, sebaliknya, dapat menyebabkan retensi cairan dan peningkatan lemak tubuh.

Diskusikan dengan dokter jika Anda merasa obat-obatan yang Anda konsumsi berpengaruh pada berat badan.

Memahami penyebab berat badan naik tiba-tiba merupakan langkah pertama dalam mengelola kondisi tersebut.

Dengan perubahan gaya hidup yang sehat dan bantuan dari profesional kesehatan, Anda dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat.

**