HaloSultra.com – Baterai ponsel yang tahan lama merupakan hal yang diinginkan oleh semua orang.

Sayangnya, daya tahan baterai bisa menurun seiring waktu.

Namun, ada beberapa tips yang dapat membantu Anda menjaga daya tahan baterai ponsel agar tetap awet dan tahan lama.

  • Hindari pengisian baterai berlebihan

Mengisi daya ponsel terlalu lama setelah baterai penuh sebenarnya dapat merusak daya tahan baterai. Lebih baik mengisi baterai hingga sekitar 80-90 persen dan melepaskan pengisian, daripada terus mengisi hingga 100 persen.

  • Gunakan charger yang sesuai

Pilih charger yang direkomendasikan oleh produsen ponsel Anda. Charger palsu atau tidak sesuai bisa merusak baterai ponsel Anda.

  • Hindari penggunaan pada suhu ekstrem

Suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin dapat memengaruhi kinerja baterai. Hindari menggunakan ponsel Anda dalam suhu yang ekstrem untuk menjaga daya tahan baterai.

  • Matikan fitur yang tidak diperlukan

Fitur seperti Bluetooth, Wi-Fi, atau GPS yang tidak digunakan sebaiknya dimatikan untuk menghemat daya baterai.

  • Atur kecerahan layar

Kecerahan layar yang terlalu tinggi dapat menghabiskan daya baterai dengan cepat. Kurangi kecerahan layar agar dapat menjaga daya tahan baterai lebih lama.

  • Hentikan aplikasi yang tidak digunakan

Aplikasi yang tetap berjalan di latar belakang dapat menguras daya baterai. Pastikan untuk menutup aplikasi yang tidak sedang digunakan.

  • Lakukan pengisian sebagian

Sekali-sekali, mengisi daya ponsel pada rentang baterai 20-80 persen dapat membantu mempertahankan daya tahan baterai dalam jangka panjang.

  • Perbarui perangkat lunak secara teratur

Perbarui sistem operasi dan aplikasi secara teratur. Perbaruan ini seringkali termasuk perbaikan untuk mengoptimalkan penggunaan baterai.

  • Gunakan mode hemat daya

Ponsel umumnya memiliki mode hemat daya yang dapat Anda aktifkan saat baterai mulai menipis. Mode ini akan membatasi beberapa fitur untuk menghemat daya baterai.

  • Jangan biarkan baterai kosong terlalu lama

Hindari menjatuhkan daya baterai sampai benar-benar kosong. Mengisi ulang baterai saat masih ada sekitar 20 persen sisa daya dapat membantu menjaga daya tahan baterai.

Menerapkan beberapa tips sederhana ini dapat membantu menjaga daya tahan baterai ponsel Anda agar tetap awet dan tahan lama.

Namun, perlu diingat bahwa meskipun upaya ini dapat membantu, daya tahan baterai juga terpengaruh oleh faktor-faktor lain seperti usia perangkat dan kondisi baterai yang sudah tua.

**