HALOSULTRA.com – Pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 60 mulai dibuka besok, Jumat (25/8/2023). Bagi Anda yang belum lolos pada gelombang 59 bisa mencoba mendaftar kembali untuk program Kartu Prakerja gelombang 60.

Kartu Prakerja merupakan program dari pemerintah yang ditujukan untuk meningkatkan pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan untuk para pencari kerja, pekerja/buruh yang mengalami PHK, pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk juga pelaku usaha mikro atau kecil.

Program Kartu Prakerja ijibtak hanya ditujukan untuk para pencari kerja, dan pekerja yang mengalami pemutusan hubungan kerja, Prakerja juga ditujukan untuk anda yang sedang bekerja tapi ingin meningkatkan skill atau keahlian anda dalam bekerja melalui pelatihan yang dilaksanakan dalam Program Prakerja.

Berikut ini HaloSultra.com merangkum cara daftar program Kartu Prakerja.

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 60

Langkah pertama buka laman prakerja pada tautan https://dashboard.prakerja.go.id/, selanjutnya daftar akun prakerja dengan menggunakan akun gmail. Jika belum memiliki akun, buat akun gmail Anda terlebih dahulu untuk melanjutkan pada proses pendaftaran prakerja.

Masuk melalui laman utama dengan memasukan alamat email dan password, lalu klik tombol “Daftar”.

Kemudian verifikasi pendaftaran Anda melalui email yang akan dikirimkan ke akun gmail Anda.

Selanjutnya isi data diri untuk melanjutkan proses pendaftaran. Seperti mengisi Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga (KK), alamat, serta dengan memverifikasi e-KTP, Foto scan wajah.

Tahap selanjutnya dengan menjawab beberapa pertanyaan, memverifikasi nomor telepon dengan memasukan 6 digit kode OTP yang dikirim langsung ke nomor telepon.

Kemudian Anda akan diarahkan untuk mengerjakan Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Soal Kemampuan Belajar (SKB), dengan mengklik mulai tes, dan yang terakhir, kamu bisa klik tombol gabung gelombang 60 yang tersedia.

Lalu jika Anda dinyatakan lolos pada progran Kartu Prakerja gelombang 60 ini, Anda akan diarahkan untuk membeli pelatihan pertama dengan menggunakan insentif yang akan dikirimkan melalui rekening yang didaftarkan pada akun prakerja senilai Rp 4.200.000.

Insentif tersebut terdiri dari saldo pelatihan sebesar Rp 3.500.000, insentif yang akan diberikan setelah menyelesaikan pelatihan pertama sebesar Rp 600.000, dan insentif untuk mengisi survey sebanyak dua kali sebesar Rp 50.000.

Demikian cara untuk melakukan pendaftaran pada program Kartu Prakerja gelombang 60, semoga bermanfaat bagi sobat pembaca HaloSultra.com.

**/red