HaloSultra.com – Hari Hijab Sedunia atau World Hijab Day diperingati setiap tanggal 1 Februari, sebagai bentuk penghormatan dan kampanye solidaritas kepada perempuan atau wanita Muslim.

Peringatan Hari Hijab Sedunia atau World Hijab Day setiap tahunannya dirayakan hampir di seluruh dunia.

Sejarah Hari Hijab Sedunia

Dikutip dari Wikipedia, Hari Hijab Sedunia dipelopori oleh seorang wanita Muslim kelahiran Bangladesh yang tumbuh besar di Bronx, New York City bernama Nazma Khan.

Nazma mendeklarasikan Hari Hijab Sedunia yang pertama pada tanggal 1 Februari 2013 dengan mengizinkan semua wanita untuk mencoba mengenakan jilbab atau hijab selama sehari, dia berharap dapat meningkatkan toleransi beragama.

Di New York City, Nazma kecil menghadapi banyak diskriminasi karena mengenakan hijab ke sekolah, terutama setelah serangan 9/11.

Nazma berharap dengan penetapan Hari Hijab Sedunia, dia dapat mengakhiri segala bentuk diskriminasi terhadap wanita Muslim.

Acara ini merupakan acara tahunan terbesar dibawah World Hijab Day Organization, yang mana Hari Hijab Sedunia saat ini dirayakan di 190 negara di  dunia.

Tema Hari Hijab Sedunia 2023

Dilansir dari laman World Hijab Day, tema Hari Hijab Sedunia 2023 adalah ‘Progression, Not Oppression’ dengan slogan #UnapologeticHijabi.

Tujuan Hari Hijab Sedunia adalah untuk menentang diskriminasi terhadap wanita Muslim karena mengenakan jilbab.

Diketahui peringatan Hari Hijab Sedunia tahun 2023 merupakan peringatan yang ke-11 kalinya.

Logo dan Poster Hari Hijab Sedunia 2023

Masyarakat di seluruh dunia bisa memakai logo dan poster Hari Hijab Sedunia 2023 untuk mendukung kampanye menentang diskriminasi terhadap wanita Muslim karena mengenakan jilbab.

Berikut ini link download logo dan poster Hari Hijab Sedunia 2023.

***